ANALISIS PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN

Eka Mei Nuraini, Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, idealist, rational. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX –E SMPN 2 Perak. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian adalah : (1) Subjek guardian pada tahap memahami masalah menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan, merencanakan penyelesaian dapat menemukan solusi dengan mengaitkan pengetahuan sebelumnya, melaksanakan penyelesaian menuliskan solusi secara jelas dan runtut, dan memeriksa kembali dengan membaca ulang jawaban tersebut. (2) Subjek artisan pada tahap memahami masalah menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan, merencanakan penyelesaian dapat menemukan solusi dengan mengaitkan pengetahuan sebelumnya, melaksanakan penyelesaian menuliskan solusi secara jelas dan runtut, memeriksa kembali masalah yang diberikan yaitu dengan melihat kembali jawaban tersebut. (3) Subjek rational pada tahap memahami masalah hanya menuliskan yang diketahui, namun dapat menjelaskan secara lisan apa yang diketahui dan ditanyakan, merencanakan penyelesaian dengan menggunakan solusi yang ditentukan sebelumnya, melaksanakan penyelesaian menuliskan solusi secara jelas dan runtu, memeriksa kembali dengan menghitung kembali jawabannya serta meyakini jawaban sesuai dengan apa yang diminta dari permasalahan tersebut. (4) Subjek idealist pada tahap memahami masalah menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan, merencanakan penyelesaian dapat menemukan solusi dengan mengaitkan pengetahuan sebelumnya, kemudian tahap melaksanakan penyelesaian subjek menuliskannya secara jelas dan runtut serta menjelaskan dengan bahasanya sendiri, subjek idealist dalam memeriksa kembali permasalahan memberikan tanda pada setiap langkah dan meyakini jawaban tersebut sesuai yang diminta dari permasalahan.

Keywords


Artisan, Guardian, Idealist, Rational, Kepribadian, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


. Isrok’atun dan Rosmala. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara

. Permendikbud No. 21 tahun 2016

. Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta, Indonesia : Lentara Ilmu Cendikia.

. Maya, Nis. (2018). Analisis Tipe Kepribadian Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning. Pasundan: Universitas Pasundan. Pasundan Journal of Reseach in Mathematics Learning and Education. (Online). 3(1):41-55. (https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/download/1318/673/), diunduh 25 Januari 2021.

. Aryanto, dkk. (2018). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. Jember: Universitas Jember. Kadikma, Vol.9, No.2, hal.185-193, 2018

. Perengkuan, Erwin. (2010). Click ! Strategi Taktis Berkomunikasi Dengan Berbagai Kepribadian. Jakarta: PT Gramedia.

. Sari, F.Y. (2017). Pembentukan Kepribadian Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dan Surat Yasin Di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir. Tulungagung, Indonesia: IAIN Tulungagung.

. Wilcox, Lynn. Psikologi Kepribadian. Terjemahan Kumalahadi. 2018. Yogykarta: IRCisoD

. Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

. Keirsey, David. (1998). Please Understand Me II Temperament Character Intelligence. California: Prometheus Nemesis Book Company.

. Jarvis, M. (2011). Teori-teori Psikologis. Bandung: Nusa Media

. Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Hasanah, Uswatun. (2017). Analisis Proses Berfikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian The Keirsey Temperament Sorter (KTS) Siswa SMA. Lampung, Indonesia: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

. Aryanto, dkk. (2018). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. Jember: Universitas Jember. Kadikma, Vol.9, No.2, hal.185-193, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.