BELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING MELALUI KOMUNIKASI SOSIAL DI MEDIA SOSIAL: PERSPEKTIF PEMBELAJAR

Rosi Anjarwati, Lailatus Sa’adah

Abstract


Saat ini, media sosial seakan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran dan perkembangan internet telah membawa cara baru dalam berkomunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam masyarakat saat ini, media sosial menghadirkan dan mengubah paradigma komunikasi. Komunikasi media sosial tidak dibatasi oleh jarak, waktu, atau ruang. Itu bisa terjadi di mana saja, kapan saja, tanpa perlu komunikasi langsung. Tingkat komunikasi telah melebur menjadi satu wadah yang dikenal dengan media sosial. Munculnya banyak konsekuensi juga harus diperhatikan, karena media sosial memungkinkan setiap individu yang terlibat di dalamnya untuk bebas mengungkapkan pendapatnya. Bahkan dalam dunia pendidikan, setelah pandemi Covid 19 yang mengubah pembelajaran bahasa tradisional menjadi proses pembelajaran online, media sosial tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pembelajar bahasa Inggris memandang komunikasi sosial melalui media sosial untuk tujuan pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan tujuan tersebut, rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan responden yang meliputi siswa laki-laki maupun perempuan (SMA dan perguruan tinggi) dari beberapa kota di Jawa Timur. Instrumen penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk menjawab pertanyaan tentang preferensi apa yang dimiliki oleh pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing (English as a Foreign Language / EFL) dalam penggunaan media sosial mereka sebagai bagian dari pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki preferensi terhadap beberapa jenis media sosial dengan menggunakan umumnya sebanyak 3 sampai 6 jam dalam sehari untuk mendengarkan lagu atau video, membaca postingan, mencari dan membagikan informasi, mengungah video, menulis status, serta memberi komentar lisan dan tulis.

Keywords


Media sosial, komunikasi sosial, pembelajar EFL, perspektif pembelajar

Full Text:

PDF

References


Anjarwati R, Sa’adah L. Student learning engagement in the online class. EnJourMe. 2021 Dec 28;6(2):39–49.

. Dor D. The Instruction of Imagination Language as a Social Communication Technology. The United States of America: Oxford University Press; 2015.

. Dettori G, Torsani S. Enriching Formal Language Learning with an Informal Social Component. 2013;

. Hamid S, Waycott J, Kurnia S, Chang S. Understanding students’ perceptions of the benefits of online social networking use for teaching and learning. The Internet and Higher Education. 2015 Jul;26:1–9.

. Sa’adah L, Anjarwati R. EFL Teachers’ and Learners’ Perspective on Teachers’ Online Written Feedback. jeell. 2021 Sep 1;8(1):26.

. Chvanova MS, Hramov AE, Khramova MV, Pitsik EN. Is it possible to improve the university education with social networks: The opinion of students and teachers. In: 2016 IEEE Conference on Quality Management, Transport and Information Security, Information Technologies (IT&MQ&IS) [Internet]. Nalchik, Russia: IEEE; 2016 [cited 2023 Apr 2]. p. 33–8. Available from: http://ieeexplore.ieee.org/document/7751895/

. Giannikas C. Facebook in tertiary education: The impact of social media in e-Learning. JUTLP. 2020 Jan 1;17(1):23–36.

. Anjarwati R. The Effect of Peer Feedback on Students’ Writing. SELL Journal. 2017;2(2):137–44.

. Greenhow C, Lewin C. Social media and education: reconceptualizing the boundaries of formal and informal learning. Learning, Media and Technology. 2016 Jan 2;41(1):6–30.

. Li V. Social Media in English Language Teaching and Learning. IJLT [Internet]. 2017 [cited 2023 Apr 1]; Available from: http://www.ijlt.org/index.php?m=content&c=index&a=show&catid=123&id=578

. Rinaldy Malik A, Ashar Asnur MN. Using Social Media as a Learning Media of Foreign Language Students in Higher Education. E-ISSN 2540-8968 [Internet]. 2019 Jul 29 [cited 2023 Apr 1];18(2). Available from: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/11611

. Sharma DV. Saudi Students’ Perspective on Social Media Usage to Promote EFL Learning. 2019;

. Pikhart M, Botezat O. The Impact of the Use of Social Media on Second Language Acquisition. Procedia Computer Science. 2021;192:1621–8.

. Lee SM. The relationships between higher order thinking skills, cognitive density, and social presence in online learning. The Internet and Higher Education. 2014 Apr;21:41–52.

. Pursel BK, Xie H. Patterns and Pedagogy: Exploring Student Blog Use in Higher Education. CONTEMP EDUC TECHNOL [Internet]. 2014 Jun 1 [cited 2023 Apr 1];5(2). Available from: https://www.cedtech.net/article/patterns-and-pedagogy-exploring-student-blog-use-in-higher-education-6118

. Kuo YC, Walker AE, Schroder KEE, Belland BR. Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. The Internet and Higher Education. 2014 Jan;20:35–50.

. Anjarwati R, Sa’adah L. The Effect of Combining Google Classroom and Whatsapp on Student Engagement in English Class. EJ. 2022 Dec 31;9(2):152.

. [18] Maidiana. Penelitian Survey. ALACRITY: Journal of Education. 2021 Jun;1(2):20–9.

. Islamy I. Penelitian Survei dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris. 2019;

. Miles MB, Huberman AM, Saldaña J. Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Third edition. Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc; 2014. 381 p.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.