PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KERTOSONO

Nepitayah Stya Hatiningsih, Fatchiyah Rahman

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang tergolong sedikit mendapatkan perhatian dari peserta didik karena berkaitan dengan konsep abstrak, banyak peserta didik yang menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun. Strategi genius learning dipandang sebagai strategi yang dapat membantu peserta didik mengerti kelebihan dan kekuatan yang mereka miliki sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Peserta didik juga dapat menemukan suatu konsep secara mandiri sehingga memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi pembelajaran yang diajarkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi genius learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMAN 1 Kertosono. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-only Control Group Desain. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 Kertosono. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari undian sampel pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-3 yang berjumlah 37 peserta didik dengan pembelajaran menggunakan strategi genius learning dan undian sampel kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-5 yang berjumlah 37 peserta didik dengan pembelajaran tanpa menggunakan strategi genius learning. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument berupa lembar tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dari nilai hasil belajar peserta didik dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t-dua sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV diperoleh nilai  lebih kecil dari nilai , maka  ditolak dan  diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMAN 1 Kertosono dengan dan tanpa menggunakan strategi genius learning. Sehingga disimpulkan ada pengaruh strategi genius learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMAN 1 Kertosono.

Keywords


Strategi Pembelajaran, Strategi Genius Learning, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


. Amaliya, Rezki. (2014). Pengaruh Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Yang Memiliki Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Balang – Balang Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Alauddin Makassar. (Online) http://repositori.uin-alauddin.ac.id diunduh pada 25 Oktober 2022.

. Fatoni, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Volume 1, 68-77) (Online) http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2307, diakses pada 4 November 2022.

. Gunawan, Adi W. (2006). Genius Learning. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama

. Kholil Muhammad dan Zulfiani Silvi. (2020). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Journal of Primary Education (Volume 1, 151-168) (Online) https://media.neliti.com/media/publications/325824-faktor-faktor-kesulitan-belajar-matematika

. Rozak & Hidayati. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. Yogyakarta, Indonesia: Erhaka Utama.

. Trapsilasiwi, D., Jhahro, K. F., & Setiawan, T. B (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Kadikma. (Online). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8424/5783 diakses pada 4 November 2022.

. Zarkasyi, M.W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.