MEDIA DIGITAL CANVA PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII TUNAGRAHITA RINGAN SLB DARUL ULUM JOGOROTO

Putri Latiful Jannah, Heny Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada zaman millenial seperti sekarang penggunaan media digital berbasis teknologi informasi dalam dunia pendidikan masih jarang digunakan. Salah satunya pada pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus seperti tunagrahita. Pendidikan bagi anak tunagrahita akan tercapai apabila didukung dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Canva merupakan media berbasis aplikasi yang sangat menarik jika digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru bagi anak tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media digital Canva pada keterampilan menulis siswa kelas VII tunagrahita ringan di SLB Darul Ulum Jogoroto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII tunagrahita ringan di SLB Darul Ulum Jogoroto. Data dalam penelitian ini berupa kosa kata yang dihasilkan siswa kelas VII tunagrahita ringan di SLB Darul Ulum Jogoroto ketika menulis pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penentuan objek, perekaman, tes, transkripsi data dan identifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital berbasis canva pada siswa kelas VII tunagrahita ringan terbukti dapat meningkatkan konsentrasi siswa pada saat pembelajaran. Objek tunagrahita ringan mampu menuliskan kata yang ditunjukkan dalam video secara lengkap walaupun masih ada beberapa penulisan yang belum sempurna. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran dan alternatif dalam penelitian selanjutnya maupun untuk pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan.

Keywords


Media Digital Canva, Tunagrahita Ringan, Keterampilan Menulis, Psikolinguistik

Full Text:

PDF

References


. Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding Universitas Suryakancana; Education Transformation in Facing Indsutrial Revolution 4.0, 6(1)

. Arikunto, S. (2006-2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

. Dardjowidjojo Soenjono (2014). Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

. Darmawanti, Ira & Jannah, M. (2004). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini & Deteksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia

. Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.

. Mangunsong, Frieda. 2009, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan sarana Pengukuran Dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPUI).

. Mahsun. 2006. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. Purbani, I. (2015). Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Iv Sdlb Slb Di Slb Negeri 2 Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 4(2).

. Saddhono, K. (2012). Kajian Sosioliungistik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik dan Sastra. 24(2).

. Tarigan, Henry Guntur. (1986-2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

. Trianto Ibnu Badar (2011), Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual, Jakarta Kencana Prenada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.