STRATEGI GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS X DI MA NEGERI 10 JOMBANG

Dewi Wulan Sari, Agung Kesna Mahatmaharti

Abstract


Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mempunyai peran serta tanggung jawab yang besar dalam pembinaan sikap dan perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi guru PPKn dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik, (2) mengetahui strategi guru PPKn dalam meningkatkan kemandirian peserta didik, (3) mengetahui faktor penghambat strategi guru PPKn dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik, (4) mengetahui faktor penghambat strategi guru PPKn dalam meningkatkan kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Strategi Guru PPKn dalam meningkatkan berpikir Kritis peserta didik yakni: a) Guru membimbing peserta didik untuk menemukan suatu masalah mengenai topik yang dipelajari, b) guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan informasi untuk menjawab permasalah dengan berbagai sumber, c) guru membimbing peserta didik dalam membuat kesimpulan dan guru mengulang-ulang penyampaian point penting untuk diingat oleh peserta didik. (2) Strategi Guru PPKn dalam meningkatkan kemandirian peserta didik yakni: a) guru pemberian motivasi, menunjukan tujuan pembelajaran dan menjelaskan alur pembelajaran pada awal pembelajaran, b) guru memberikan stimulus atau pertanyaan pemantik untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik terhadap suatu pembelajaran, c) guru memberikan tugas secara individu dengan memberikan tenggat waktu dalam pengumpulan tugas, d) guru memberikan motivasi kepada peserta didik tentang kepercayaan terhadap diri dan tanpa pengaruh dari orang lain. (3) Faktor penghambat strategi Guru PPKn dalam meningkatkan berpikir Kritis peserta didik yakni: a) peserta didik sulit mengemukakan ide-ide yang dimiliki, b) peserta didik kurang dalam berliterasi, c) Peserta didik terlalu mengandalkan website dalam pemecahan solusi. d) Terbatasnya ketersediaan jumlah LCD yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran. (4) Faktor penghambat strategi Guru PPKn dalam meningkatkan kemandirian peserta didik yakni: a) Peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi temannya untuk  kurang aktif dalam pembelajaran, b) Peserta didik kurang percaya diri dalam memdemonstrasikan hasil diskusi di depan kelas, c) Terbatasnya ketersediaan jumlah LCD yang dibutuhkan oleh guru

Keywords


Strategi Guru PPKn, berpikir kritis, kemandirian

Full Text:

PDF

References


. Yanti, I. (2023). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/24285/ . Diakses tanggal 25 Agustus 2023.

. Karso, K. (2019, February). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/admin,+41.+Karso%20(1).pdf . Diakses tanggal 04 september 2023.

. Brata, D. P. N., & Maf’ulah, S. (2023). Tanggung Jawab dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar PKn dan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 336-345. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/17.+JPPP+VOL.+7+NO.+2+Diah+Puji+Nali+Brata+336-345%20(1)%20(1).pdf. Diakses tanggal 06 september 2023.

. Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50-61. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/633. Diakses tanggal 04 september 2023.

. Budiono, H. (2020). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 138-145. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/1445-5042-1-PB.pdf. Diakses tanggal 05 september 2023.

. Hendrik, B., Masril, M., & Firdaus, F. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Blended Learning Pada Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman I. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), xx-xx. http://repository.upiyptk.ac.id/4617/ . Diakses tanggal 26 Agustus 2023.

. Bukit, S. (2022). Kemandirian Belajar Siswa Kelas 5 SDN 101835 Sibolangit dalam Pembelajaran PPKN di Masa Pandemik COVID 19 T. A 2021/2022. Linggau Journal of elementary school education, 2(2), 67-76. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/270. Diakses tanggal 27 Agustus 2023.

. Kurni Kova, D. (2021). Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/17333/ . Diakses tanggal 25 Agustus 2023.

. Hariroh, T. (2021). Problematika Penyusunan Soal High Order Thingking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Bustanul Ulum Puger (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam). http://digilib.uinkhas.ac.id/5571/ . Diakses tanggal 27 Agustus 2023.

. Budiono, H. (2020). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 138-145. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/1445-5042-1-PB.pdf. Diakses tanggal 05 september 2023.

. Kurnia, L. O. (2022). Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas III MIN 8 Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2021-2022 (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry). file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/Lusi%20Oki%20Kurnia,%20170209103,%20FTK,%20PGMI,%20082294780909%20(2).pdf. Diakses tanggal 06 September 2023.

. Rifky, R. (2020). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 85-92. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/95-402-1-PB%20(1)%20(1).pdf. Diakses tanggal 06 September 2023.

. Waruwu, I. N., & Harefa, A. T. (2023). Upaya Guru PPKn Dalam Memberikan Penguatan Kemandirian Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 1 Afulu Tahun Pelajaran 2020/2021. KAUKO: Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 1-12. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/KAUKO+JURNAL+-+IGNATIUS+N+WARUWU.pdf. Diakses tanggal 06 September 2023.

. Sara, N. T. (2019). Strategi guru dalam pembelajaran berpikir kritis peserta didik melalui unit kegiatan belajar mandiri mata pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (studi di SMA Negeri 3 Surakarta tahun 2019). file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/35789-89620-1-SM%20(1).pdf. Diakses tanggal 05 September 2023.

. Anggraeni, D., & Erviana, V. Y. (2019). Implementasi HOTS Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Tema 2 Subtema 2 Kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota Yogyakarta. Fundadikdas, 1(1), 2614-1620. https://core.ac.uk/download/pdf/237470312.pdf. Diakses tanggal 04 September 2023.

. Dwi Prishanti, R. (2019). Keterlibatan Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Kelas Rendah di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/naskah%20publikasi%20(4).pdf. Diakses tanggal 06 September 2023.

. Habib, M. I., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Gunung Amuk Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 204-207. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/435760-none-2f450f7c.pdf. Diakses tanggal 06 September 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.