PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN KOOPERATIF TIPE TPS

Rizky Nur Fataqul Putri, Rifa Nurmilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Solomon Four Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif. Tes dilakukan untuk kedua kelas eksperimen, kelas IX-F sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran PBL menggunakan pretest-posttest. Sedangkan pada kelas IX-E sebagai kelas ekperimen 2 menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe TPS menggunakan posttest.  Pengambilan sampel pada penelitian ini meggunakan teknik sample convenience. Data dianalisis dengan menggunakan uji t sampel bebas dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS menghasilkan nilai Sig. 0,035<0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan Kooperatif tipe TPS di SMP Negeri 1 Sukorame Lamongan

Keywords


Problem Based Learning, Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


. Afifah, N. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Mnenggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang.

. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

. Creswell, John. W. (2014). Research Design Pendekatan Model Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Fawaid, A., Pancasari, R. K. (2019). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

. Edo, Sri Imelda., Yusuf Hartono dan Ratu Ilma Indra Putri. (2013). InvestigatinSecondary School Students’ Difficulties in Modeling Problems PISAModel Level 5 And 6. IndoMS. J.M.E 4(1): 41-58.

. Haryati, Sri. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Magelang: Graha Cendekia.

. Kurniasih, Imas dan Berlin, Sani. (2013). Sukses Mengiplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

. Nurdin, S & Adrianto. (2016). Kurikulum dan Pembelajran. jakarta, Indoneisa: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.