PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI MELALUI WHATSAPP TERHADAP MINAT BELI PRODUK ORIFLAME DI KOTA JOMBANG

Mita April Liana, Nanik Sri Setyani

Abstract


Saat ini, kalangan remaja hingga orang dewasa sangat memperhatikan perkembangan produk yang sedang populer. Produk yang sangat diikuti perkembangannya adalah perawatan tubuh dan kosmetik. Salah satu produk kosmetika yaitu PT. Orindo Alam Ayu atau Oriflame. Adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang semula cukup menggunakan bedak wajah untuk mempercantik diri, kini beralih ke produk pelengkap lainnya. Oriflame merupakan salah satu produk kosmetik yang digemari remaja Jombang. Peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai apa yang menjadi alasan konsumen mempunyai minat beli pada produk-produk Oriflame. Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk menjelaskan pengaruh citra merek terhadap minat beli produk Oriflame, (2) untuk menjelaskan pengaruh promosi melalui whatsapp terhadap minat beli produk Oriflame (3) untuk menjelaskan pengaruh citra merek dan promosi melalui whatsapp terhadap minat beli produk Oriflame.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner/angket dan dokumentasi. Responden penelitian sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 26 for Windows. Hasil Uji T dan Uji F menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli secara signifikan dengan nilai signifikasi variabel Citra Merek sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh t hitung sebesar 7,358 ˃ t tabel yaitu 1,660; (2)Terdapat pengaruh Promosi melalui WhatsApp terhadap Minat Beli secara signifikan dengan nilai signifikasi variabel Promosi melalui WhatsApp sebesar 0,018 < 0,05 dan diperoleh t hitung sebesar 2,412 ˃ t tabel yaitu 1660; (3)Terdapat pengaruh Citra Merek (X1) dan Promosi melalui WhatsApp (X2) terhadap Minat Beli (Y) secara signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh F hitung 100,541 ˃ F tabel 3,090. Hal tersebut membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak

Keywords


Citra Merek, Promosi melalui WhatsApp, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


. Ahmad et al. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10 (1), 25–31. http://www.topbrand-award.com

. Anbiya, N. N., & Sofyan, A. (2020). Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen Dalam survey Blackbox , dalam sebuah lembaga survey yang berbasis di Negara Singapura ini bersama Toluna bertajuk Into The Light : Understanding What Has Changed for Consumers During Covid-19 . Journal Riset Manajemen Komunikasi, 130–137.

. Anggelina, R. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Gaya Hidup dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/29000/

. Ariana, R. (2016). Akifa P Nayla. (2014). Komplet Akuntansi Untuk Ukm Dan Waralaba’’. Jakarta Selatan: Laksana. 1–23.

. Atanasius Hardian Permana Yogiarto. (2015). Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah. 2(1), 165.

. Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat beli Konsumen ( studi pada Villa Triviona di PT. Aek Nauli Medan). 10–33.

. Ikanita Novirina Sulistyari. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Skripsi, 1, 75.

. Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462

. Manoppo, J. R., & Tumbuan, A. J. . W. (2014). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflame. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1032–1042.

. Maria, I. (2020). Fakultas bisnis universitas buddhi dharma tangerang 2020. Skripsi, 13.

. Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://www.fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/749

. Mulyani, S., Safitri, U. R., & Setiawati, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Umkm Pembuatan Pot Tanaman Di Dusun Gender, Kradenan, Kaliwungu, Kabupaten Semarang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(09), 68–74. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/452

. Nazi’at, I. S. (2020). Kementerian pendidikan dan kebudayaan universitas jember fakultas teknik. 37, 56116.

. Putu Lia Pramesti Anggarani, Anak Agung Putu Agung, N. P. C. D. A. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Jurnal EMAS, 3.

. Reynaldi, H., & Santoso, E. B. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Kukki Deli. Performa, 4(1), 197–204. https://doi.org/10.37715/jp.v4i1.1518

. Riki, Kremer, H., Suratman, Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. Jurnal Cafetaria, 4(1), 98–105.

. Rompis, G., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Beauty Consultant PT. Orindo Alam Ayu (ORIFLAME). Productivity, 174–178. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/29195%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/viewFile/29195/28350

. Rusmalan Hsb, H. (2022). Pengaruh success plan terhadap kinerja member oriflame type pebisnis pada pt. orindo alam ayu cabang pekanbaru ditinjau dari perspektif ekonomi syariah.

. Safitri, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 14(2), 154–173. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/Ari

. Sastradinata, G., & Suraya, S. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Melalui WhatsApp Mesenger Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Industri Rumah Tangga di Kota Bogor. Jurnal Visi Komunikasi, 17(02), 1–19.

. Sigalingging, L., & Medicom, A. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk KosmetikPt. Orindo Alam Ayu (Oriflame Cabang Medan). Jurnal Ilmiah Maksitek , 6(1), 47–57.

. Takdir, S., Siska, D., & Rivandi, R. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Platform Whatsapp pada Minat Beli Masyarakat. Economics and Digital Business Review, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i1.115

. Wahyu, D. D., & Mahfud, M. K. (2018). Analisis Pengaruh Net Profit Margin, Return On Assets, Total Assets Turnover, Earning Per Share Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. In Diponogoro Journal Of management (Vol. 7, Issue 2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20915

. Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.