PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSEDUR PELAYANAN KANTOR DESA CUKURGULING TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

Rio Alfauzi, Nurul Akramiah, Vita Fibriyani

Abstract


Kepuasan masyarakat merupakan indikator penting dalam mengevaluasi efisiensi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan prosedur pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Jumlah populasi dan sampel sebesar 99 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Sampel di sebar dengan menggunakan Teknik purposive sampling.   Analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda. Hasil analisis menyimpulkan bahwa hasil uji secara simultan mempunyai signifikansi 0,000 < 0,05 dan mempunyai nilai Fhitung > Ftabel sehingga terbukti bahwa varibel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil uji parsial variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai tthitung > ttabel artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji parsial variabel Prosedur Pelayanan didapatkan nilai tthitung > ttabel memberi artian bahwa variabel prosedur pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikansi 0,021. Koefisien determinasi  Adjusted R Square) sebesar sebesar 0,732 memberi pengertian bahwa variasi yang terjadi pada variabel Y (Kepuasan Masyarakat) adalah 73,2 % ditentukan oleh variabel bebas sementara 26,8 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Prosedur Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


. Ariantoi, N. (2018). Peingaruh Kualitas Peilayanan Teirhadap Keipuasan Dan Loiyalitas Peingunjung Dalam Meinggunakan Jasa Hoiteil Rizein Keidatoin Boigoir. Jurnal Peimasaran Koimpeititif, 1(2), 83–101. https://doii.oirg/10.32493/jpkpk.v1i2.856

. Atmaja, J. (2018). Kualitas Peilayanan dan Keipuasan Nasabah Teirhadap Loiyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Eicoideimica, 2(1), 49–63. https://eijoiurnal.bsi.ac.id/eijurnal/indeix.php/eicoideimica/articlei/vieiw/2713

. Hardiansyah. (2011). Kualitas Peilayanan Publik. Yoigyakarta: Gava Meidia.

. Mahmudi.(2007). Manajeimein Kineirja Seiktoir publik.Yoigyakarta: UPP STIM YKPN

. Malayu S.P Hasibuan. (2017). Manajeimein Sumbeir Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

. Najm, Fahlim.(2017). Peingaruh Keiandalan Dan Proiseidur Peilayanan Teirhadap Keipuasan Masyarakat Pada Kantoir Urusan Agama Liang Anggang Koita Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Eikoinoimi Bisnis. https://doii.oirg/10.35972/jieib.v3i2.102

. Nasiha, Dzurroitin.(2020). Peingaruh Kualitas Peilayanan teirhadap Keipuasan Masyarakat di Kantoir SAMSAT Pati. Jurnal Akuntansi dan Pajak. http://dx.doii.oirg/10.29040/jap.v21i1.1154

. Peiraturan Peimeirintah Reipublik Indoineisia Noimoir 96 Tahun 2012 Teintang Peilaksanaan Undang-Undang Noimoir 25 Tahun 2009 Teintang Peilayanan Publik .

. Undang-Undang Reipublik Indoineisia Noimoir 25 Tahun 2009 Teintang Peilayanan Publik.

. Seikaran, Uma,(2007). Reiseiarch Meithoid Foir Busineiss (Meitoidoiloigi Peineilitian Untuk Bisnis), Eidisi 4. Jakarta: Saleimba 4.

. Sugiyoinoi (2015). Meitoidei Peineilitian Bisnis (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.