PENINGKATAN KUALITAS HIDUP KORBAN BULLYING MELALUI SUPPORT GROUP THERAPY DI PONDOK PESANTREN

Rizka Yunita, Widya Addiarto

Abstract


Bullying menjadi salah satu fenomena yang berpotensi mengancam kesehatan mental. Bullying adalah jenis perilaku agresif yang dilakukan secara sadar oleh sekelompok siswa dengan berulang kali mengintimidasi siswa lain yang lemah. Akibatnya, mereka yang melakukan intimidasi percaya bahwa mereka lebih kuat daripada korbannya, sehingga mereka terus melakukannya. Akibatnya, korban bullying tidak memiliki kemampuan untuk melawan atau membela diri. Dalam kebanyakan kasus bullying, ada konflik fisik, psikologis, dan sosial antara pelaku dan korban. Penangan yang tepat diperlukan, yaitu support group therapy. Terapi kelompok ini dilakukan kepada kelompok individu yang memiliki masalah yang sama untuk berbicara tentang masalah mereka, mendukung dan mendukung satu sama lain, dan berbagi pengalaman mereka sendiri. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah quasy experimental dengan pendekatan pre post test design with control group. Sampel penelitian adalah sebagian santri/siswa putri yang menjadi korban bullying yang mengalami kualitas hidup rendah sebanyak 64 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel pada kelompok kontrol dan perlakuan masing-masing sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai p value 0,102 pada kelompok kontrol dan p value sebesar 0,000 pada kelompok perlakuan. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan kualitas hidup sebelum dan setelah intervensi pada kelompok kontrol, sedangkan pada kelompok perlakuan terdapat perbedaan sebelum dan setelah perlakuan. Data ini mempertegas bahwa support group therapy efektif untuk meningkatkan kualitas hidup korban bullying. Support group therapy merupakan bentuk psikoterapi yang dilakukan secara berkelompok pada individu yang memiliki permasalahan yang sama.

Keywords


Support Group Therapy, Bullying, Kualitas Hidup

Full Text:

PDF

References


Aupia, A. (2021). The Effect of Health Education on The Knowledge and Adherence of Diet for Gout Arthritis Patients. Media Keperawatan Indonesia, 4(2), 120. https://doi.org/10.26714/mki.4.2.2021.120-126

. Dubey, V. P., Kievisiene, J., Michealsson, A. R., Norkiene, S., Razbadauskas, A., & Sobrinho, C. A. (2022). Bullying and Health Related Quality of Life among Adolescents—A Systematic Review. Children, 9(6), 1–10. https://doi.org/10.3390/children9060766

. Elmahdy, M., Maashi, N. A., Hakami, S. O., Fathi, M. A., Alsuri, H. I., Hezymi, S. H., Dighriri, I. M., Elrefai, S., Khired, Z., & Abdelmola, A. O. (2022). Prevalence of Bullying and Its Association With Health-Related Quality of Life Among Adolescents in Jazan: A Cross-Sectional Study. Cureus, 2022(8). https://doi.org/10.7759/cureus.28522

. Herraiz, E. D., & Gutierrez, R. B. (2017). The Health-Related Quality of Life of Students Involved in School Bullying International Journal of School and. International Journal of School and Cognitive Psychology, 4(3), 1–6. https://doi.org/10.4172/2469-9837.1000198

. Kusumawardani, W., Nursalam, N., & Nihayati, H. E. (2020). The Effect of a Combination of Group Therapy and Support on the Self-Efficacy and Deviant Behavior of Adolescents. Jurnal Ners, 15(2), 548–552.

. Mohan, T. M., & Bakar, A. Y. A. (2021). A systematic literature review on the effects of bullying at school. Indonesian Journal of School Counseling, 6(1), 35–39. https://doi.org/10.23916/08747011

. Molina, B. L., Albeniz, A. P., Canales, I. S., Sierra, J. O., & Pedrero, E. F. (2022). Bullying, Cyberbullying and Mental Health: The Role of Student Connectedness as a School Protective Factor. Psychosocial Intervention, 31(1), 33–41. https://doi.org/10.5093/PI2022A1

. Muhopilah, P., Tentama, F., & Yuzarion. (2020). Bullying Scale : A Psychometric Study For Bullying Perpetrators In Junior High School. European Journal of Education, 7(7), 92–106. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i7.3158

. Rahayu, R., & Dinni, S. M. (2021). The Effectiveness of Supportive Group Therapy in Reducing Anxiety of Bullying Victims at Smp X Yogyakarta Indonesia. International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science, 04(01), 34–40.

. Worrall, H., Schweizer, R., Marks, E., Yuan, L., & Lloyd, C. (2018). The effectiveness of support groups : a literature review. Faculty of Science Medicine and Health Papers, 1(1), 1–16.

. Yunita, R., & Addiarto, W. (2022). Hubungan Harga Diri Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Korban Bullying Verbal. Journal of Nursing Care and Biomoleculer, 7(2), 114–119


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.