INFERENSI WACANA PADA LAWAKAN BAPAK-BAPAK WASAP DI TIKTOK @ADURECEH

Eva Eri Dia, Runtut Dwi Jayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui inferensi yang digunakan dalam wacana tebak-tebakan akun TikTok @adureceh. Alasan peneliti memilih objek unggahan TikTok @adureceh karena unggahannya banyak memuat tebak-tebakan yang jawabannya menimbulkan kesalahpahaman dan kebingungan penyimak. Penelitian ini merupakan penelitian wacana yang fokus pada telaah inferensi. Inferensi ialah proses pemahaman maksud implisit penutur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebingungan atau kesalahpahaman yang dialami penyimak tebak-tebakan “Lawakan Bapak-Bapak Wasap” pada video TikTok @adureceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari akun TikTok @adureceh yang berupa video tebak-tebakan. Data dianalisis secara interpretatif dengan teori inferensi prinsip penafsiran lokal dan analogi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi unggahan akun TikTok @adureceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inferensi dalam wacana tebak-tebakan “Lawakan Bapak-Bapak Wasap” memilki ketidaktepatan. Sebagaian wacana berpola penafsiran lokal dan juga berpola analogi.

Keywords


Inferensi, Wacana, Adureceh

Full Text:

PDF

References


. Alek. (2018). Linguistik Umum. Jakarta: Penerbit Erlangga.

. Alwi, H. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

. Cummings, L. (2007). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: CV Yrama Widya.

. Djajasudarma, F. (2006). Wacana: Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama.

. Gillian Brown, G. Y. (1996). Analisis Wacana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

. Jumadi. (2017). Wacana, Kekuasaan, dan Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. KBBI. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

. Mulyana. (2005). Kajian Wacana (Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana). Yogyakarta: Tiara Wacana.

. Nuralinda Yani, K. A., & Aisah, S. (2021). Inferensi Wacana dalam Opini Koran Jawa Pos Edisi Desember-Maret 2021. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan Vol 3 No 2, 122-128.

. Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

. Romansyah, K. (2021). Bentuk dan Makna Inferensi pada Tuturan Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Weru Cirebon. Caruban, 34-43.

. Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipustaka Media.

. Schiffrin, D. (2009). Ancangan Kajian Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. Silvia Marni, A., & Tiawati, R. L. (2021). Buku Ajar Pragmatik (Kajian Teoritis dan Praktik). Purbalingga: Eureka Media Aksara.

. Soetikno. (1996). Analisis Wacana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

. Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia. Gresik: Graniti.

. Syamsuddin A R, V. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

. Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Wacana. Bandung: Percetakan Angkasa.

. Utami, P. I. (2012). Kajian Inferensi dalam Rubrik Aneka Pojok Majalah Penjebar Edisi Oktober-Desember 2010. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

. Yusep Ahmadi, D. S. (2019 ). Inferensi dalam Wacana Tebak Kata di Acara Waktu Indonesia Bercanda. KEMBARA Vol 5 No 1, 119-129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.