PELATIHAN MUSIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN POTENSI MASYARAKAT DI DESA CISAAT

Dani Nur Saputra, Dian Herdiati, Ida Bagus Ketut Sudiasa

Abstract


Desa Wisata Cisaat, Subang, Jawa Barat memiliki potensi alam yang cukup untuk menjadikannya tujuan wisata yang menarik. Dukungan terhadap konsep desa wisata perlu ditingkatkan melalui partisipasi masyarakat dalam bidang seni, sehingga Desa Cisaat dapat menampilkan daya tarik alam dan seni yang menggugah rasa indah. Dalam menghadirkan aspek seni di Desa Cisaat, diperlukan keahlian dari penduduk setempat. Kekayaan seni yang ada di Desa Cisaat saat ini masih memerlukan upaya pengembangan, mengingat potensinya yang sangat besar. Komunitas di desa ini memiliki populasi yang signifikan dari kalangan anak-anak dan remaja, yang secara potensial bisa berperan penting dalam mengembangkan Desa Cisaat menjadi destinasi wisata yang unggul. Tantangan yang dihadapi di sini adalah keterbatasan jumlah individu yang memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang musik. Pembelajaran seni di Desa Cisaat masih bersifat tradisional, dengan pengetahuan seni yang diwariskan dari generasi tua hanya kepada anggota keluarga. Banyak di antara generasi muda yang belum memiliki kemampuan bermain musik, mereka hanya menjadi penonton pasif dan tidak terlibat dalam aktivitas seni yang ada di desa ini. Melalui program pengabdian, masyarakat diberi pelatihan dalam keterampilan musik, yang pada gilirannya akan membuka peluang bagi pengembangan komunitas dalam bidang seni dan pariwisata. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam memperkaya sektor budaya dan seni di Desa Cisaat, serta berkontribusi terhadap perkembangan desa sebagai destinasi wisata yang menarik

Keywords


Pelatihan, Musik, Cisaat

Full Text:

PDF

References


Aisyianita, R. A. (2020). Pengembangan Model Eko-Agrowisata Di Desa Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Bogor Hospitality Journal, 4(2).

Wibowo, A., Dianta, K., Effendi, M. S., Kuncoro, H., Saptono, A., & Mukthar, S. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pemasaran Umkm Berbasis Digital Di Desa Cisaat. D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16-25.

Suliyanthini, D., Lubis, H., Noerharyono, M., & Utari, D. (2023). Pengabdian Masyarakat Pelatihan Eksplorasi Produk Tie Dye Sebagai Produk Suvenir bagi Guru MGMP dan Warga Desa Cisaat Kabupaten Subang. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(1), 99-107.

Putri, R. S., Fitriani, E., & Amelia, L. (2022). Tontoang Kayu: Revival Kesenian Tradisional Minangkabau. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 4(2), 71-81.

Triana, D. D., & Nisa, P. F. (2022). Model Pelatihan Tari Merak Ulin Bagi Turis Asing Di Desa Wisata Edukasi Cisaat Ciater Kabupaten Subang. Abdi Masyarakat, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.