IMPLEMENTASI METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI PESERTA DIDIK SDN GUNUNGSARI KABUPATEN MADIUN

Diva Ega Pramasa Ristian, Salma Cindyaisya, Ihsan Sayyidinaa, Clareadi Kuncahyo Jati, Alfina Nur Fatdilah, Nuri Ati Ningsih

Abstract


Kegiatan program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan; (1) meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari (2) menghilangkan kecemasan peserta didik dalam berbicara bahasa Inggris, (3) mampu merangsang peserta didik untuk mengekspresikan pikirannya di kelas dengan nyaman dan aman, (4) mampu membantu peserta didik untuk berani dan percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris, (5) membantu guru dalam menentukan inovasi metode pembelajaran yang bervariasi. Pelaksanaan kegiatan ini melalui beberapa tahap yaitu; Tahap 1, kegiatan persiapan. Tahap 2, implementasikan kegiatan. Tahap 3, evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan awal pada tahap implementasi telah menunjukkan hasil yang dapat diketahui bahwa banyaknya peserta didik merasa kurang nyaman, terancam dan timbulnya kecemasan. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu diantaranya (1) bahasa Inggris bukan merupakan mata pelajaran didalam kurikulum, (2) kurangnya latihan berbicara peserta didik terutama di kehidupan sehari-hari dalam menggunakan bahasa Inggris, (3) rasa cemas pesera didik yang takut akan ketidakbisaan dalam berbicara bahasa Inggris, (4) rasa tidak nyaman peserta didik dalam cara berbicara bahasa Inggris sehingga munculnya rasa malu dan tidak percaya diri. Sosialisasi yang diadakan telah berjalan lancar. Penyediaan modul panduan yang diberikan kepada guru-guru untuk memberikan gambaran pelaksanaan metode community language learning sehingga guru dapat berinovasi demi menciptakan kelas yang aman dan nyaman bagi peserta didik

Keywords


metode pengajaran, community language learning, SD, bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


. Curran, Charles A. 1976. Counseling-Learning in Second Languages, Apple River Illonis: Apple River Press.

. Ekowijayanto, Mochlis. 2019. Meningkatkan keterampilan berbicara dalam materi pembelajran remedial melalui metode community language learning. Edureligia. Vol.3:67-68

. Nurhasanah, Siti. 2015. The Use of Community Language Learning (CLL) Method to Increase the Students’ Participation in Classroom Conversation. Journal of Language Teaching IAIN Salatiga. Vol. 8:81-82.

. Sari, Jismulatif, Syarfir. 2015. The use community language learning method to improve speaking ability of the second-year students of SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.

. Ningsih, Nuri Ati., Waeaulia, Asri Musandi. 2017. Lifeskill untuk difabel melalui sampah plastic. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNIPMA. Hal. 93-95.

. Ambarwati, Rosita., Ningsih, Nuri Ati., Kuswardani, Yuli., Husaini, Rizqi., Jianggamihatsu, Puput., Fahas, Rida. 2021. Mangasah kemampuan berkompetisi bahasa Inggris siswa MAN 2 Madiun melalui kegiatan pelatihan TOEFL-Like. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sahid Surakarta. Vol. 1. Hal. 180-194


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.