Abstract
Kemasan merupakan unsur penting dalam pemasaran produk. Kemasan memiliki fungsi sebagai pelindung atas kualitas produk. Selain itu membantu konsumen dalam membedakan produk dengan yang lainnya serta dapat membentuk identitas produk. Kemasan dapat menyampaikan pesan kepada konsumen mengenai nilai suatu produk. Pada skala UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) sering terjadi tidak memperhatikan hal ini. Pada Poklahsar (Kelompok Pengolah dan pemasar ikan) Anggrek pengemasan masih sederhana. Kemasan berupa plastik standing pouch dan label. Produk olahan ikan memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi, namun seringkali menghadapi kendala dalam pemasaran dan daya tarik produk. Pada pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk olahan ikan melalui proses redesain kemasan. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara bersama-sama dan secara mandiri perorangan. Pengabdian masyarakat ini memberikan edukasi kepada Poklahsar dalam pelatihan keterampilan pembuatan desain untuk mengatasi permasalahan kemasan yang kurang menarik. Proses pelatihan dimulai dari pre-test, penyampaian mengenai bahan kemasan dan pelatihan pembuatan desain dengan aplikasi canva serta diakhiri dengan post-test. Dalam kegiatan pengabdian ini, peserta dapat memahami mengenai bahan untuk kemasan dan dapat mempraktekkan dalam mendesain kemasan dengan canva. Dari kegiatan ini, kemasan produk olahan ikan Poklahsar Anggrek dapat lebih dikenal dan diminti oleh konsumen.
Keywords
desain kemasan, produk olahan ikan, pelatihan
References
Qolby, N.S dkk, (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Olahan Ikan Beku PT XYZ. JPHPI : Jurnal Hasil pengolahan Ikan Indonesia, 25(2), 226-234
Andre, R.S dkk, (2019). Peningkatan Mutu Kualitas Air Untuk Pembudidaya Ikan Air Tawar Di Desa Gegerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 6(2), 267-275
Alfin NF Mufreni, (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). JEM : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48-54
Ayu Partiwi, dkk (2021). Pengaruh Kemasan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 77-87
Erlyana, Y., & Ressiani. (2020). Basic of Packaging: Belajar Kemas Kemasan (1st ed.). Graha Ilmu
Liliek Nur Sulistiyowati, P. U. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Kain Batik Tulis Murni Ngangkrik di Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Adi Widya, 89-94
Putu Agus Perinanta Putra, dkk . (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Produk Kemasan sebagai Inovasi Produk PT Kopie Humble Indonesia. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat,6(2),
Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services