PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK OLAHAN IKAN : REDESIGN KEMASAN

Mar’atul Fahimah, Suci Prihatiningtyas, Agus Sifaunnajah

Abstract


Kemasan merupakan unsur penting dalam pemasaran produk. Kemasan memiliki fungsi sebagai pelindung atas kualitas produk. Selain itu membantu konsumen dalam membedakan produk dengan yang lainnya serta dapat membentuk identitas produk. Kemasan dapat menyampaikan pesan kepada konsumen mengenai nilai suatu produk.  Pada skala UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) sering terjadi tidak memperhatikan hal ini. Pada Poklahsar (Kelompok Pengolah dan pemasar ikan) Anggrek pengemasan masih sederhana. Kemasan berupa plastik standing pouch dan label. Produk olahan ikan memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi, namun seringkali menghadapi kendala dalam pemasaran dan daya tarik produk.  Pada pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk olahan ikan melalui proses redesain kemasan. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara bersama-sama dan secara mandiri perorangan. Pengabdian masyarakat ini memberikan edukasi kepada Poklahsar dalam  pelatihan keterampilan pembuatan desain untuk mengatasi permasalahan kemasan yang kurang menarik. Proses pelatihan dimulai dari pre-test, penyampaian mengenai bahan kemasan dan pelatihan pembuatan desain dengan aplikasi canva serta diakhiri dengan post-test. Dalam kegiatan pengabdian ini, peserta dapat memahami mengenai bahan untuk kemasan dan dapat mempraktekkan dalam mendesain kemasan dengan canva. Dari kegiatan ini, kemasan produk olahan ikan Poklahsar Anggrek dapat lebih dikenal dan diminti oleh konsumen.

Keywords


desain kemasan, produk olahan ikan, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Qolby, N.S dkk, (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Olahan Ikan Beku PT XYZ. JPHPI : Jurnal Hasil pengolahan Ikan Indonesia, 25(2), 226-234

Andre, R.S dkk, (2019). Peningkatan Mutu Kualitas Air Untuk Pembudidaya Ikan Air Tawar Di Desa Gegerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 6(2), 267-275

Alfin NF Mufreni, (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). JEM : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48-54

Ayu Partiwi, dkk (2021). Pengaruh Kemasan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 77-87

Erlyana, Y., & Ressiani. (2020). Basic of Packaging: Belajar Kemas Kemasan (1st ed.). Graha Ilmu

Liliek Nur Sulistiyowati, P. U. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Kain Batik Tulis Murni Ngangkrik di Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Adi Widya, 89-94

Putu Agus Perinanta Putra, dkk . (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Produk Kemasan sebagai Inovasi Produk PT Kopie Humble Indonesia. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat,6(2),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.