REVITALISASI PESONA JEMUR INDAH SEBAGAI UPAYA MENGEMBALIKAN NILAI ESTETIKA DAN KEBERFUNGSIAN TAMAN

. Suhartono, Muhammad Nurrahman, Ani Purwanti, Deviana Rizki Nurfadilah, Febry Amalia, Iska Ayu Pratiwi, Miftaahur Rahmawati, Putri Oktaviani, Rina Resiana Dewi, Tanti Kusuma Amanningrum

Abstract


Potensi alam harus dimanfaatkan untuk menunjang keberlangsungan hidup masyarakat sekitar. Potensi ini bisa dinikmati oleh khalayak umum salah satunya keindahan alam yang berada di daerah tersebut. Keindahan alam yang dikelola menjadi tempat wisata dengan baik akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan pemerintah desa. Salah satu desa yang memiliki keindahan alam adalah Desa Jemur. Desa Jemur memiliki keindahan alam salah satunya adalah sungai Lukulo dan terdapat Areal Bendung Intake Kedungsamak. Pada sekitar Areal Bendung Intake Kedungsamak sempat dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga yang diberi nama Pesona Jemur Indah. Setelah beberapa bulan beroperasi dan sempat ramai pengunjung ternyata tempat rekreasi tersebut harus berhenti karena pandemi COVID-19 dan berdampak sampai sekarang. Akibatnya tempat tersebut tidak ada yang mengelola sehingga menjadi terbengkalai. Solusi yang bisa dilakukan oleh tim KKN 147 UNS dengan melakukan “Revitalisasi Pesona Jemur Indah sebagai Upaya Mengembalikan Nilai Estetika dan Keberfungsian Taman” yang dibantu oleh Pemerintah Desa Jemur, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), dan seorang ahli taman. Metode pelaksanaan yang dilakukan meliputi; survei dan koordinasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan taman menjadi bersih dari sampah serta terdapat berbagai tanaman yang menghiasi taman .

Keywords


Keindahan alam, Pesona Jemur Indah, Revitalisasi

Full Text:

PDF

References


. Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon kebijakan: Mitigasi dampak wabah Covid-19 pada sektor pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191-206.

. Alyasin, U. M. (2022). Kewenangan Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Revitalisasi Taman Monas Berdasarkan Keppres No. 25 Tahun 1995 Tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Doctoral dissertation, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN)..

. Ilmiajayanti, F. dan Dewi, D. I. K. (2015). Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung Terhadap Aksesibilitas Dan Pemanfaatannya. Jurnal Ruang Vol.1 No. 1, 21–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.