ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAM SOAL PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dalam menunjukkan pola-pola geometri dan menemukan persamaan matematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas VII A3 MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal yang memuat indikator kemampuan representasi matematis yang diberikan kepada siswa kelas VII A3. Setelah menganalisis hasil jawaban siswa, dilakukan wawancara dengan beberapa siswa dan selanjutnya menganalisis hasil jawaban siswa dan hasil wawancara siswa dalam bentuk teks naratif serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator representasi visual berupa gambar memperoleh persentase sebesar 33,95%, indikator representasi persamaan memperoleh persentase sebesar 31,96%, sedangkan indikator representasi kata-kata memperoleh persentase sebesar 34,09%. Penelitian ini dapat dijadikan sumber bagi guru untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Kata kunci: analisis deskriptif, materi persamaan linear satu variabel, representasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/