PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING KELAS V SDN 3 TAMANSARI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wasingah B B

Abstract


Metode  dalam pembelajaran merupakan cara yang teratur  untuk  mencapai tujuan pengajaran  dan  untuk  memperoleh  kemampuan  dalam  mengembangkan  aktivitas  belajar yang dilakukan pendidik dan siswa. Siswa yang aktif dalam pembelajaran matematika akan membuat  dirinya  lebih  kreatif  sehingga  akan  lebih  mudah  memecahkan  masalah matematika. Aktifitas siswa dalam pembelajar sangat banyak  meliputi aktifitas jasmani dan rohani.  Keaktifan  siswa  dalam  pembelajaran  akan  mempengaruhi  pemahaman  siswa terhadap  materi  pelajarannya,  yang  nantinya  akan  mempengaruhi  prestasi  belajar  siswa. Untuk menumbuhkan sikap aktif, kreatif dan inovatif dari siswa tidaklah mudah. Fakta yang terjadi  adalah  guru  dianggap  sumber  belajar  yang  paling  benar.  Proses  pembelajaran  yang terjadi  memposisikan  siswa  sebagai  pendengar  ceramah  guru.  Akibatnya  proses  belajar mengajar  cenderung  membosankan  dan  menjadikan  siswa  malas  belajar.  Tujuan  diadakan penelitian  tindakan  kelas  (  PTK  )  ini  adalah  untuk  mengetahui  penerapan  model pembelajaran  dengan  problem  posing  pada  pelajaran  matematika.  Penelitian  tindakan  ini dilakukan  dalam  3  siklus.  Dari  hasil  tindakan  yang  dilakukan  terbukti  dapat  meningkatkan prestasi  belajar  siswa  dengan  mencapai  standar  ideal.  Dari  57  %  pada  Siklus  l,  dapat meningkat pada siklus 2  menjadi 69,5 % dan siklus 3 mencapai 85 %, dan  secara klasikal telah  mencapai  ketuntasan.  Hasil  penelitian  tindakan  ini  menunjukkan  bahwa  penerapan model  pembelajaran  dengan  problem  posing  dapat  meningkatkan  hasil    belajar  siswa  kelas V  dengan  ketuntasan  mencapai  100%,  dengan  demikian  penerapan  model  pembelajaran dengan  problem  posing  efektif  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pelajaran matematika  di  SD  Negeri  3    Tamansari        Kab.  Banyuwangi.  

Kata Kunci: Hasil belajar Matematika di SD Model pembelajaran  problem posing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/