UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR KELAS V SDN 6 DASRI KEC TEGALSARI .KAB. BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2016-2017

Sulasi .

Abstract


Dalam  pembelajaran  matematika  sangat  diperlukan  strategi  pembelajaran  yang tepat  yang  dapat  melibatkan  siswa  seoptimal  mungkin  baik  secara  intelektual  maupun emosional.  Karena  pengajaran  matematika  menekankan  pada  keterampilan  proses  kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah guru dan siswa. Selain menguasai materi  seorang  guru  juga  dituntut  untuk  menguasai  strategi-strategi  penyampaian  materi  tersebut, cara guru menciptakan suasana kelas akan berpengaruh terhadap respon siswa dalam proses pembelajaran. Model  Pembelajaran  Kooperatif  adalah  salah  satu  model  pembelajaran  yang dapat  meningkatkan  aktifitas  siswa,  meningkatkan  interaksi,  meningkatkan  penguasaan siswa  terhadap  materi  pembelajaran  dan  akan  meningkatkan  motivasi  siswa  untuk  aktif dalam  proses  pembelajaran.  Salah  satu  pendekatan  dari  model  pembelajaraan  kooperatif adalah  pendekatan  struktural,  pada  pendekatan  ini  memberikan  pemecahan  pada penggunaan struktur yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Diharapkan siswa bekerja sama dan saling membantu dalam kelompok kecil dan lebih pada penghargaan kooperatif dan penghargaan individu. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah  untuk  mengetahui  hasil  belajar  matematika  melalui  pembelajaran  kooperatif  dengan pendekatan  struktur.  Penelitian  tindakan  ini  dilakukan  dalam  3  siklus.  Dari  hasil  tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari56,5 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 69,5 % dan siklus 3 mencapai 85,5 %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini  menunjukkan  bahwa  penerapan  pembelajaran  kooperatif  dengan  pendekatan  struktur dapat  meningkatkan  hasil    belajar  siswa  kelas  IV  dengan  ketuntasan  mencapai  100  %, dengan  demikian  penerapan  pembelajaran  kooperatif  dengan  pendekatan  struktur  efektif dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pelajaran  matematika  di  SDN  6  Dasri        Kec Tegalsari  Kab Banyuwangi 

Kata Kunci:  Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika di SD,  Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktur. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/