PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN FLASH CARD

Endah Suarma'iyah

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  untuk  meningkatkan  aktivitas  belajar  matematika  peserta didik di sebuah SMK pada tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini  adalah  peserta  didik  kelas  XII  TKJ  yang  berjumlah  26  peserta  didik  dengan  materi Statistika.  Penelitian  terdiri  dari  dua  siklus,  setiap  siklusnya  terdiri  dari  empat  tahap  yaitu perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Data  penelitian  diperoleh  dengan  metode observasi.  Penerapan  metode  pembelajaran  mind  mappping  dengan  flash  card  dapat meningkatan  aktivitas  belajar  matematika  peserta  didik.  Ini  terbukti  dari  hasil  analisis menunjukkan  bahwa  terdapat  peningkatan  aktivitas  belajar  peserta  didik  dari  Siklus  I  ke Siklus  II.  Pada  siklus  I  ke  Siklus  II  aktivitas  belajar    meningkat  pada  aspek  merangkum penjelasan guru sebesar 77% menjadi 86%, aspek berdiskusi  dengan  kelompok sebesar 66% menjadi  79%,  aspek  menggambar  mind  mapping  sebesar  75%  menjadi  90%,  aspek mengajukan  pertanyaan  sebesar  56%  menjadi  77%,  dan  aspek  menulis  hasil  diskusi  sebesar 63% menjadi 82%. 

 Kata Kunci: Mind Mapping, Flash Card, Aktivitas Belajar 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/