PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN FLASH CARD
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik di sebuah SMK pada tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XII TKJ yang berjumlah 26 peserta didik dengan materi Statistika. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi. Penerapan metode pembelajaran mind mappping dengan flash card dapat meningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik. Ini terbukti dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari Siklus I ke Siklus II. Pada siklus I ke Siklus II aktivitas belajar meningkat pada aspek merangkum penjelasan guru sebesar 77% menjadi 86%, aspek berdiskusi dengan kelompok sebesar 66% menjadi 79%, aspek menggambar mind mapping sebesar 75% menjadi 90%, aspek mengajukan pertanyaan sebesar 56% menjadi 77%, dan aspek menulis hasil diskusi sebesar 63% menjadi 82%.
Kata Kunci: Mind Mapping, Flash Card, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/