PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 PATIANROWO

Helmy Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas  VII-B  SMP  Negeri  2  Patianrowo  tahun Pelajaran  2018/2019  pada  materi  pokok  operasi  bilangan  bulat  (penjumlahan,  pengurangan dan  perkalian).  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  dengan  rancangan  penelitian pre-eksperimental  designs,  tipe  one-group  pretest-posttest  design.  Populasi  dalam  penelitian ini  adalah  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  2 Patiarowo.  Dan  sampel  penelitian  ini  adalah  siswa kelas VII-B. Peneliti menggunakan tes untuk memperoleh data dan analisis menggunakan uji t.Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-B sesudah di terapkan  model  pembelajaran  treffinger  lebih  tinggi  daripada  sebelum  diterapkan  model pembelajaran  treffinger.  Hal  ini  terlihat  dari rata-rata hasil  belajar  matematika  siswa,  setelah diterapkan  model  pembelajaran  treffinger  sebesar  77,41,  lebih  tinggi  dari  rata-rata  hasil belajar  sebelum  diterapkan  model  pembelajaran  treffinger  sebesar  66,45.  Berdasarkan  hasil analisis  data  dengan  SPSS  Versi  20.0  di  dapat  𝑡 hitung 4,444 > t tabel 2,042. sehingga ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Patianrowo tahun pelajaran 2018/2019. 

 Kata kunci: model pembelajaran,operasi hitung bilangan bulat,pengaruh, hasil belajar  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/