PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 2 PATIANROWO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Patianrowo tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi pokok operasi bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan dan perkalian). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pre-eksperimental designs, tipe one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Patiarowo. Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-B. Peneliti menggunakan tes untuk memperoleh data dan analisis menggunakan uji t.Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-B sesudah di terapkan model pembelajaran treffinger lebih tinggi daripada sebelum diterapkan model pembelajaran treffinger. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar matematika siswa, setelah diterapkan model pembelajaran treffinger sebesar 77,41, lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran treffinger sebesar 66,45. Berdasarkan hasil analisis data dengan SPSS Versi 20.0 di dapat 𝑡 hitung 4,444 > t tabel 2,042. sehingga ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Patianrowo tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: model pembelajaran,operasi hitung bilangan bulat,pengaruh, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/