Pengaruh Penerapan Alat Peraga Rumah Si Bibul Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MI
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu yang abstrak, sehingga pemahaman siswa akan materi ini sangat bergantung pada guru saat menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan alat peraga rumah si bibul terhadap hasil belajar matematika siswa MI. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah true experimental design dengan desain posttest only control group design, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga rumah si bibul, sedangkan kelas V B sebagai kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga rumah si bibul. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan program software SPSS 20 diperoleh rata-rata hasil post-test kelas ekperimen adalah 78,5 dan rata-rata hasil post-test kelas kontrol adalah 69. Nilai Sig. (2-tailed) pada penelitian ini sebesar 0,036, berarti 0,036 < 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan alat peraga rumah si bibul terhadap hasil belajar matematika siswa MI.
Kata kunci:Alat Peraga Rumah Si Bibul, Hasil Belajar MatematikaFull Text:
PDFReferences
Annisah, Siti. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika,Jurnal Tarbawiyah, (Online), 11(1):3-4 (http://stainmetro.ac.id/ejournal/index.php/tarbawiyah/article/view/297/283) diunduh 13 Desember 2017
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuningtyas, Dyah Tri. (2014). Penggunaan Media Mobil MainanUntukMeningkatkanPemahamanKonsepOperasiHitungBilanganBulat, (Online), 587-592 (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/viewFile/689/438)diunduh 24 Desember 2017
Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019."EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Online Edumath STKIP PGRI Jombang.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/