ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI

Rafiqa A’zima, Yenita Roza, Maimunah .

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam memahami materi atau soal-soal yang diberikan, sehingga mempengaruhi siswa  dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Minas kelas XI tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) sebanyak 25% siswa memiliki kemampuan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, dan (2) sebanyak 50% siswa memiliki kemampuan menggunakan,memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, serta (3) 10% siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Hasil yang didapat dari penelitian ini siswa cenderung kesulitan dalam menyelesaikan soal limit fungsi berdasarkan indikator yang ingin dicapai, sehingga hal ini menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal. Diharapkan guru sebagai fasilitator dapat memberikan penekanan terhadap pemahaman konsep matematis limit fungsi dalam menyelesaian soal kepada siswa.

Kata kunci:Analisis Deskriptif, Pemahaman Konsep Matematis, Limit Fungsi

Full Text:

PDF

References


Basir, F., & Karmila. (2011). Keefektifan strategi konflik kognitif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional ISSN 2443-11909, 02, 83–84.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. Jurnal Silogisme, 3(1), 1–7.

Fatqurhohman. (2010). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, (2009), 127–133.

Haylock, D. & Cockurn, A. 2008. Undestanding Mathematics For Young Children. United Kingdom: SAGE Publications.

Juariah, J. dkk. (2018). 1 . 1. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(1), 12–25.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT, 4(April), 76–85.

Musriandi, R., & Elyza, F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Numeracy Journal, 4, 99–108.

Saleh. (2018). Pemahaman mahasiswa pada konsep limit fungsi berdasarkan kemampuan matematika. Prosiding SNPMAT I Tahun 2018, 1(x), 191–196.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150–163.

Suraji. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Sumarmo, U. (2003). Pembelajaran ketrampilan Membaca pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru.Makalah.Bandung : FPMIPA UPI. Seminar Nasional Pendidikan MIPA UPI, tanggal 25 agustus 2003

Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019. "EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Edumath STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/