Analisis Kemampuan Problem Posing Integral Mahasiswa Berdasarkan Gaya Belajar

Mayor H Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa dalam menyelesaikan tugas problem posing tentang integral. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data hasil penelitian berupa hasil mahasiswa dalam menyelesaikan tugas problem posing berdasarkan gaya belajar dan kata-kata yang dipaparkan sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengontrak mata kuliah Kalkulus yang diambil masing-masing satu  orang dari setiap gaya belajar untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek visual dalam menyelesaikan tugas problem posing integral, yaitu subjek memahami dahulu petunjuk yang ada, soal yang diajukan  sebagian besar berkaitan dengan integral dan dapat dipecahkan, satu soal tidak berkaitan dengan integral dan dapat dipecahkan, tingkat kesulitan soal yang diajukan tergolong soal mudah dan sedang, dan sebagian besar jawaban dari soal yang diajukan benar. Subjek auditori dalam menyelesaikan tugas problem posing integral, yaitu sebelum membuat soal mengingat-ingat soal yang pernah dikerjakan, menurut subjek dalam membuat soal lebih mudah informasi yang berbentuk verbal, karena menurut subjek informasi yang berbentuk verbal lebih mudah dipahami soal yang diajukan  sebagian besar berkaitan dengan integral dan dapat dipecahkan, semua soal berkaitan dengan integral dan dapat dipecahkan, tingkat kesulitan soal yang diajukan tergolong soal mudah dan sulit, dan jawaban dari soal yang diajukan benar. Subjek kinestetik dalam menyelesaikan tugas problem posing integral, yaitu semua soal yang diajukan mahasiswa berkaitan dengan integral, sebagian besar dapat dipecahkan, tingkat kesulitan soal yang diajukan adalah dua soal tergolong soal sedang, satu soal tergolng sedang, dan satu soal tergolong sulit, dan jawaban dari soal yang diajukan bernilai benar. 

Kata Kunci : problem posing, integral, gaya belajar


Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2001. Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.

English, Lyn D. 1997. “Promoting a Problem Posing Classroom”. Teaching Children Mathematics. November 1997, h. 172-179

Gunawan, Adi W. 2006. Genius Learnimg Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Miles. B. Matthew & Huberman. A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press)

Silver, E., dan Cai, J. 1996. “An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students”. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27 No. 5, November 1996. 521-539.

Soedjadi, R. 2001. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019. "EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Edumath STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/