PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Mega Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gudo yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilihlah kelas VIII B sebagai kelas sampel. Teknik Pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode tes dan metode angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan lembar angket. Analisis data ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh nilai signifikan pada tabel output ANOVA sebesar 0,000 dengan mengambil taraf signifikan  diperoleh . Sehingga dapat disimpulkan bahwa  ditolak atau ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectualy, Repetitin (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Gudo sebesar .

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Auditory, Intellectualy, Repetitin (AIR), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Cetakan IV.

Rozak, Abdul dan Sri Hidayati, Wiwin. Pengolahan Data dengan SPSS.

Santoso, Singgih. 2005. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramdeia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Raza Media.

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019. "EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Edumath STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/