PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Cholifah Rizky Utami

Abstract


Minat belajar yang tumbuh dari diri peserta didik sendiri dan tanpa ada paksaan dari orang lain akan menjadikan peserta didik lebih aktif dan baik. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang digunakan guru dalam menentukan strategi pembelajaran. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Kegiatan belajar yang tidak sesuai dengan minat belajar peserta didik, maka akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Hal yang harus dijadikan pedoman bagi guru sebelum mengajar peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang maksimal adalah model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Minat belajar juga harus ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika agar peserta didik mampu memusatkan perhatiannya terhadap pembelajaran sehingga peserta didik mampu memperoleh pembelajaran dengan maksimal. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) adalah suatu pembelajaran yang memanfaatkan gaya belajar setiap individu dengan tujuan agar semua kebiasaan belajar siswa akan terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel bebas  yaitu Minat belajar dan variabel terikat yaitu Hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan pada 23 siswa kelas V SDN Jatipelem II. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan metode angket. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Persamaan Regresi yang diperoleh yaitu Y = 1,820 + 1,038 X. Hasil Koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara minat belajar Siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Jatipelem II sebesar 68,9%

Kata kunci: : Minat Belajar dan  Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Gufron, M Nur dan Rini Risnawati, S. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Hartiningrum, E.S.N.2017. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII dengan dan tanpa menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Course review Horay. Jurnal Edumath.

Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Islamuddin, Haryu. 2012.Psikologi Pendidikan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Machfoedz, I., dan Suryani, E. 2007. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Fitrayama: Yogyakarta.

Nurhasanah. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Pribadi, Benny A. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: KENCANA.

Rohman, Arif. (2011). Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta, Indonesia: LAKSBANG MEDIATAMA.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta, Indonesia: PRENADAMEDIA.

Tamsik dan Sopandi. (1987). Ilmu Pendidikan SPG/KPG/SGO. Bandung, Indonesia: EPSILON GRUP.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i1.1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/