ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL USBN MATEMATIKA SMA

Lucia Helen Dewi Ariani, Maimunah ., Yenita Roza

Abstract


Kesalahan  siswa  dalam  menyelesaikan  soal  matematika  sering  dianggap  murni kesalahan  siswa  itu  sendiri,  padahal  bisa  saja  kesalahan  tersebut  dikarenakan  cara  mengajar guru bidang studi yang kurang dipahami oleh siswa.Analisis jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal akan didapat peta kesalahan dari siswa sehingga guru dapat menentukan strategi  pembelajaran  yangsesuai.Subjek  penelitian  terdiri  dari  30  siswa.  Metode pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  metode  tes.Teknik  analisis  data  yang  digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis kesalahan menurut Newman. Soal USBN matematika SMA terdiri dari soal objektif dan soal uraian. Soal yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah 3 butir soal uraian dari 5 butir soal. Analisis kesalahan menurut Newman ini melalui lima  tahapan,  yaitu:  (1)  kesalahan  membaca,(2)  kesalahan  memahami,(3)  kesalahan transformasi  (4)  kesalahan  keterampilan  proses,  (5)  kesalahan  penulisan  jawaban.  Pada penelitian  ini,  diperoleh  kesalahan  yang  cukup  dominan  berdasarkan  analisis  kesalahan Newman  diantaranya  :kesalahan  penulisan  jawaban,kesalahan  memahami,  dan  kesalahan keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Fatahillah, A., Wati, Y. F., &Susanto, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soalcerita matematika berdasarkan tahapan newman beserta bentuk scaffoldingyangdiberikan.Kadikma,8(1),40-51.

Hartini.(2007). Analisiskesalahansiswadalammenyelesaikansoalceritakompetensidasar menentukan sifatdanmenghitung besar-besaransegiempatsiswakelas VII semester II tahunpelajaran2006/2007. Tesis.UniversitasNegeri Surakarta.

Hayati, T. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah Prosedur Newman. Solo: FMIPA Universitas Negeri Solo

Khaidir,C.,&Rahmi,E.(2016).Analisis kesalahansiswadalammenyelesaikansoalcerita matematikakelasX.2SMAN1Salimpaungberdasar metodekesalahannewman. Proceedingofinternationalseminar onEducation 2016,FacultyofTrabiyahandteacher Training,IAINBatusangkar, 1(2) 103-110.

Kurniasari, Ika. 2007. Analisis Kesalahan Siswa KelasVIII SMP Negeri !6 Surabaya dalam MenyelesaikanSoal Sistem Persamaan Nonlinear Dua Variabel.Tesis yang tidak dipublikasikan. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya.

Matthews,M.S.,&Farmer,J.L.(2008). Factorsaffectingthealgebrainachievementof academicallytalentedlearners.Journal ofAdvancedAcademics, 19(3), 472–501.

Newman,M.A.(1977).Ananalysisofsixth-gradepupils’errorsonwrittenmathematical tasks. VictorianInstitute forEducational ResearchBulletin, 39,31-43.

Permendikbud no.21, 2016. Tentang standar isi

Subaidah, Siti. 2010. Kemampuan siswa SMP kelas VIII di Kota Malang dalammenyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tahapan analisiskesalahan Newman. Malang: Skripsi tidak diterbitkan.

Satoto, S. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 KENDALdalam Menyelesaikan Soal Materi Jarak pada Bangun Ruang.Skripsi. Semarang:FMIPA Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i1.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/