MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PENERAPAN FASE-FASE BELAJAR GAGNE

Eva Zulviah Aini, Fatchiyah Rahman

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  (1)  peningkatan  aktivitas  guru, (2)  peningkatan  aktivitas  siswa,  (3)  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dalam pembelajaran  matematika  materi  Aritmatika  Sosial  dengan  menerapkan  fase-fase  belajar Gagne di kelas VIII F SMPN 1 Gudo Jombang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK)  yang  memiliki  4  tahapan  yaitu  perencanaan, tindakan,  pengamatan,  dan  refleksi.  Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar  observasi  aktivitas  guru,  lembar  observasi  aktivitas  siswa,  dan  lembar  tes  hasil belajar  siswa.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  fase-fase  belajar  Gagne dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa.  Berdasarkan  hasil  observasi  pada  siklus  1  dan siklus 2 terdapat peningkatan aktivitas guru dari 77,5% dengan kriteria aktif menjadi 90% dengan kriteria sangat aktif, juga aktivitas siswa dari 79,98% dengan kriteria aktif menjadi 83,98%  dengan  kriteria  aktif,  kemudian  untuk  rata-rata  hasil  belajar  dari  80,38  menjadi 81,59, dan persentase ketuntasan klasikal dari 65,63% menjadi 78,13%.   Kata kunci: Hasil Belajar, Aritmatika Sosial, Fase-fase Belajar Gagne, CTL.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Akasara.

Ariza, Yustin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyaarta: Ar-Ruzz Media.

Sunjiati, Anik. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Dan Tanpa Alat Peraga. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

UU RI No. 20 Tahun 2003. (2014). UU Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Elsam.

Winataputra, Udin S., dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuk

Irfianti, Rizki dan Maarif, Safiil. 2019. Penerapan Media Software Autograph Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang:STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i1.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/