PENERAPANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Intan Dwi Ilmia Sari

Abstract


Abstrak:  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  peningkatan  aktivitas  siswa selama  proses  pembelajaran  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa.  Penelitian  ini  diawali dengan  observasi  awal  yang  dilakukan  peneliti  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa yakni nilai ulangan harian materi bangun ruang kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ngoro Jombang sebanyak  13  siswa  nilainya  memenuhi  KKM (Kriteria  Ketuntasan  Minimal)  sedangkan  20 siswa  lainnya  belum  memenuhi  KKM  dan  hasil  belajar  secara  klasikal  mencapai 39%.Permasalahan  yang  ditemukan  yakni  pembelajaran  dengan  menggunaan  model pembelajaran konvensional yakni yang hanya berpusat pada guru dan siswa kurang terlibat dalam pembelajaran di kelas. Peneliti mencoba menerapkan salah satu model pembelajaran kooperatif  untuk  mengatasi  masalah  tersebut  yaitu  dengan  model  pembelajaran  kooperatif tipe  CORE.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  kolaboratif  yang dilaksanakan  dalam  2  siklus,  melalui  empat  tahap  yang  meliputi:  perencanaan,  tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ngoro Jombang tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 33 siswa. Instrumen yang dipergunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan lembar soal tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang  digunakan  adalah  observasi  dan  tes  di  setiap  akhir  siklus.  Hasil  penelitian menunjukkan  aktivitas  siswa  pada  siklus  I  mencapai  76,33%  dengan  kriteria  aktif,  pada siklus  II  mencapai  86,55%  dengan  kriteria  sangat  aktif,  dan  telah  tercapai  kriteria keberhasilan penelitian yaitu minimal 80%. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari 66,67% dengan nilai rata-rata sebesar 81,64 pada siklus I, menjadi 81,82% dengan nilai rata-rata  sebesar  82,12  pada  siklus  II.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya.

Yogyakarta: Gava Media

Hariyanto. 2016. Penerapan Model Core dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index. php/JPM/article/view/462/352. Diakses pada tanggal 27 Maret 2017

Hosana, Rofiatul & Samsul. 2015. Melejitkan Pembelajaran Dengan Prinsip-prinsip Belajar. Malang: Intelegensia Media

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsp dan Teknik Evaluasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Runtukahu, Tombokan & Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Wardhani, Sri. 2010. Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. https://mgmpmatsatapmalang.files.wordpress.com/2011/11/ karakteristik-mat-smp.pdf. Diakses pada 28 Maret 2017

Irfianti, Rizki dan Maarif, Safiil. 2019. Penerapan Media Software Autograhp Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang:STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i1.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/