EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMPN 1 NGRONGGOT

Rina Eka Septiyandari, Nahlia Rakhmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 1 Ngronggot tahun pelajaran 2018/2019. Efektivitas model pembelajaran kooperatif  tipe make a match dalam penelitian ini dilihat dari aktivitas guru, respon siswa dan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil tes.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil rata-rata aktivitas guru sebesar 82,5% (baik), hasil rata-rata angket respon siswa sebesar 83,9% (baik), dan perbedaan hasil belajar sebesar 24,41, perbedaan dimulai dengan hasil lebih baik dari hasil rata-rata pretest sebesar 50,3 menjadi 74,44 yaitu hasil rata-rata posttest. Hal ini didukung dengan analisis pada perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperaif tipe make a match dengan perhitungan melalui SPSSfor windows dengan versi 20.0 yaitu nilai , maka H0 ditolak. Sehinggaterdapat perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 1 Ngronggot tahun pelajaran 2018/2019. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif pada hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 1 Ngronggot tahun pelajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Anitah W, Sri, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universita Terbuka.

Arifin, Zaenal. 2010. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendika Surabaya.

Muhsetyo, Gatot. 2009. Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i1.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/