EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mustoinah ., Safiil Maarif

Abstract


Pendekatan  RME  merupakan  pendekatan  pembelajaran  yang  mengarahkan peserta  didik  untuk  menemukan  kembali  ide  dan  konsep  matematika  melalui  eksplorasi masalah-masalah  nyata.  Proses  penemuan  kembali  dikembangkan  melalui  penjelajahan berbagai  persoalan  dunia  nyata,  dunia  nyata  diartikan  sebagai  segala  sesuatu  yang  berada diluar matematika, seperti kehidupan sehari-hari, lingkungan sekitar, bahkan mata pelajaran lain  dapat  dianggap  sebagai  dunia  nyata.  Dunia  nyata  dianggap  sebagai  titik  awal pembelajaran  matematikaTujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  keefektifan pendekatan  pembelajaran  RME  (Realistic  Mathematic  Education)  dalam  pembelajaran matematika.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  Quasi  experiment  dengan  desain  Two- Group  Posttest-Only  Design.  Instrumen  penelitian  ini  adalah  lembar  tes  hasil  belajar. Metode  pengumpulan  datanya  menggunakan  metode  tes.  Dalam  menganalisa  data,  peneliti menggunakan  program  SPSS  dengan  hasil  sebagai  berikut.  Hasil  penelitian  dengan  uji-t didapatkan  nilai  Sig.(2-tailed)  =  0,006.  Hal  ini  berarti  nilai  Sig.  (2-tailed)  lebih  kecil  dari taraf  signifikan  (0,006  < 0,05),  maka  H0 ditolak  dan  menyebabkan  penerimaan  Ha.  Artinya Pendekatan  pembebelajaran  RME  efektif  digunakan  dalam  pembelajaran  matematika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada.

Hadi S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik.Jakarta : RajaGrafindo.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto, Dwi. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sinaga,B dan Sitanggang, AK. 2016. Matematika kurikulum 2013 Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta : Kemendikbud

Sudjana, Nana. 2010. Dasa-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/