stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KESALAHAN SISWA SD KELAS V DALAM MEMECAHKAN MASALAH LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR | Jauhariyah | Edumath

ANALISIS KESALAHAN SISWA SD KELAS V DALAM MEMECAHKAN MASALAH LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Lia Jauhariyah

Abstract


Kegiatan  pemecahan  masalah  di  sekolah  umumnya  belum  dijadikan  sebagai kegiatan  utama,  sehingga  siswa  menghadapi  kesulitan  bagaimana  memecahkan  masalah yang  diberikan  guru.  Siswa  banyak  melakukan  kesalahan  saat  memecahkan  masalah matematika  dan  setiap  individu  memiliki  cara  sendiri  untuk  memecahkan  masalah matematika. Hal ini dapat ditunjukkan dengan dan atau melalui gaya belajar yang dimiliki setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa kelas V dalam memecahkan masalah luas gabungan bangun datar berdasarkan gaya belajar visual, audio,  dan  kinestetik.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Subjek dalam  penelitian  ini  terdiri  dari  3  siswa  berdasarkan  hasil  tes  gaya  belajar  siswa  kelas  V SDIT  Al-Ummah  Jombang  yaitu  subjek  visual,  audio,  dan  kinestetik.  Metode pengumpulan  data  yang  digunakan  peneliti  adalah  tes  dan  wawancara.Peneliti menggunakan  triangulasi  waktu  untuk  keabsahan  data.  Data  yang  telah  diperoleh kemudian  dianalisis  letak  kesalahannya  berdasarkan  indikator  yang  merupakan  irisan prosedur  Polya  dengan  modalitas  belajar  3  kategori  gaya  belajar,  terdiri  dari  memahami masalah,  membuat  rencana  penyelesaian,  melaksanakan  rencana  penyelesaian,  dan memeriksa kembali. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan oleh  subjek  bergaya  belajar  visual  yaitu  menuliskan  dengan  rinci  hal  yang  diketahui  dan ditanyakan;  menuliskan  dengan  rinci  langkah  penyelesaian,  jawaban,  dan  simpulan; menceritakan  kembali  dengan  urut  prosedur  penyelesaian;  menceritakan  kembali  dengan urut  langkah  dan  jawaban  penyelesaian.  Letak  kesalahan  yang  dilakukan  oleh  subjek bergaya  belajar  audio  yaitu  menuliskan  garis  besar  hal  yang  diketahui  dan  ditanyakan; menceritakan dengan rinci beserta alasan hal yang diketahui dan ditanyakan;  menjelaskan dengan  rinci  beserta  alasan  rumus  dan  operasi  matematika  yang  digunakan;  menuliskan garis  besar  langkah  penyelesaian,  jawaban,  dan  simpulan;  menjelaskan  dengan  rinci beserta alasan prosedur penyelesaian; menjelaskan dengan rinci beserta alasan langkah dan jawaban  penyelesaian.  Letak  kesalahan  yang  dilakukan  oleh  subjek  bergaya  belajar kinestetik  menuliskan  garis  besar  disertai  simbol  tertentu  hal  yang  diketahui  dan ditanyakan;  mengungkapkan  hal  yang  diketahui  dan  ditanyakan  disertai  gerakan  fisik; mengungkapkan  rumus  dan  operasi  matematika  yang  digunakan  disertai  gerakan  fisik; menuliskan  garis  besar  disertai  simbol  tertentu  langkah  penyelesaian,  jawaban,  dan simpulan;  mengungkapkan  prosedur  penyelesaian  disertai  gerakan  fisik;  mengungkapkan langkah dan jawaban penyelesaian disertai gerakan fisik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

Hudojo, Herman (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.

Kartika, Ariesta, Sari. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Audiotorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014.Jurnal Ilmiah Edutic, (Online), 1 (1): 3-4, (https://download.portalgaruda.org), diunduh 14 Maret 2018.

Moleong, Lexy, J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol