HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG

Wihda Urfita Syafiti, Abd. Rozak

Abstract


Belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya. Proses belajar yang bagus menjadi hal penting agar tujuan pembelajaran tercapai sehingga prestasi belajar menjadi maksimal. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi balajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang mempengaruhi diantaranya motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Populasi dari penelitian ini adalah 924 siswa dan 170 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified sampling. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara bersama antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa ditunjukkan oleh nilai  atau 0,043  0,05. (2) tidak terdapat hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa ditunjukkan oleh nilai  atau 0,7822  0,05. (3) terdapat hubungan motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi secara serentak yaitu nilai  atau 0,007  0,05. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,058 sehingga diperoleh KD = 5,8%, hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kebiasaan belajar, sisanya 94,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, M.M. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Derah Binaan II Kecamatan Ajibarang Banyumas. Diakses tanggal 2 April 2019. http://www.lib.unnes.ac.id.pdf.

Rozak, A. & Hidayati W.S. 2014. Pengolahan Data dengan SPSS. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi Aksara.

Wati, Z.R. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di MTs Darul Ulum Bandung Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/