PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GUDO

Hilda Mustika Firmani

Abstract


Matematika  dianggap penting dalam pendidikan, oleh karena itu pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik sangat diharapkan untuk dilakukan guru pada waktu melakukan pembelajaran dikelas khususnya bidang studi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan Cooperative Learning dengan Cooperative Leraning tipe Teams games Turnament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gudo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil analisa uji-t, dengan a = 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,010. Hal ini berarti nilai sig 0,010 <a, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model Cooperative Learning siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gudo tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: Model Cooperative Learning, Cooperative Learning tipe TGT, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2015). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/