PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW

Isa Faridatus Sifana, . Nurwiani

Abstract


Pada proses pembelajaran di sekolah, peran guru sangat berpengaruh dalam keberhasilan penyampaian materi pelajaran pada siswa tak terkecuali pelajaran matematika. Matematika adalah salah satu pelajaran yang selalu diajarkan di sekolah dan sering dianggap sukar oleh siswa. Hampir sebagian besar siswa tidak menyukai pelajaran matematika, sehingga untuk sekedar mempelajarinya pun mereka malas. Hal tersebut dapat berdampak pada hasil belajar siswa, sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa aktif. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa aktif adalah model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw di SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan design penelitian postest only control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes belajar matematika yang berbentuk subjektif sebanyak 5 soal. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dengan uji t dua sampel bebas diperoleh hasil perhitungan kelas eksperimen dan kelas kontrol, sig sebesar 0,000 untuk nilai α = 0,05. Oleh karena nilai probabilitas < 0,05, sehingga  ditolak. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada materi himpunan kelas VII SMP Islam Brawijaya Mojokerto

Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Quick On The Draw


Full Text:

PDF

References


Ariyanti & Sari, D.P. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On the Draw pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2012-2013. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-147.pdf). Diakses tanggal 22 Mei 2017 pukul 08:55

Faturrahman dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Marno & Idris, M. 2016. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Rozak, A & Hidayati, W.S. 2014. Pengolahan Data dengan SPSS. Jombang: Untuk kalangan sendiri

Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Uyanto, S. S. 2013. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/