PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DENGAN MEDIA PAZZLE KPK DAN FPB TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV

Siti Anni Rohmatun Nihayah

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan media puzzle KPK dan FPB terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Ngoro. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk pre-experimental desain yang menggunakan model desain one-shot case studi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Ngoro tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 24 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV B. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket. Tes tersebut berupa tes tertulis yang berbentuk esai (uraian) sedangkan angket yang di gunakan berbentuk pernyataan positif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perhitungan melalui program SPSS yaitu nilai Sig.= 0,000 < 0,05 serta nilai R Square sebesar 0,715, maka  ditolak dan 15Ha">  diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan media puzzle KPK dan FPB terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Ngoro, dan besarnya pengaruh antara variabel bebas dan terikat tergolong kuat yaitu sebesar 71,5%..

Kata Kunci: Model Kooperatif, Pair Checks, Media, Puzzle KPK dan FPB.

 

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Pitasari, Ari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Didukung Media Kartu Terhadap Pemahaman Sifat-sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri. Kediri: FKIP UN PGRI

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suriyah, Puput. 2016. Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika Pada Siswa ICP (International Class Program). Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/