HUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK KHOIRIYAH SUMOBITO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Yuniar Dwi Rokhmawati, Ama Noor Fikrati

Abstract


Motivasi intrinsik dan gaya belajar memiliki konstribusi penting dalam memengaruhi kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara motivasi intrinsik dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Metode dalam pengambilan data penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan oleh nilai sig<  (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa baik tipe visual, audiotory dan kinestetik terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan oleh ketiga gaya belajar memiliki nilai sig>  (3) terdapat hubungan secara simultan antara motivasi intrinsik dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika yaitu nilai sig<  atau 0,000<0,05. Koefisien determinasi (R square) = 0,589. Sehingga, diperoleh KD = 58,9 %, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan gaya belajar siswa (visual, audiotory dan kinestetik) sebesar 58.9%, sisanya 41,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Sehingga, disimpulkan bahwa apabila siswa memiliki motivasi intrinsik didukung dengan gaya belajar yang baik maka hasil belajar matematika akan meningkat

 

Kata kunci: : Motivasi Intrinsik, Gaya Belajar, dan Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

Chania, Yen, dan M.Haviz, Dewi Sasmita. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek. (ISSN:2085-8019) 8(1):77-84

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

Himmah, Dwi Erna A. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-A MTS Salafiyah Syafiiyah Bandun Diwek Jombang. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Rozak, Abd. & Wiwin Sri Hidayati. (2014). Pengolahan Data Dengan SPSS. Jombang, Indonesia.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i2.1483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/