PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI MAN 9 KEPUHDOKO JOMBANG

Wiwik Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di MAN 9 Kepuhdoko Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi matriks dengan sub bab (konsep, tranpose & kesamaan matriks, penjumlahan & pengurangan matriks serta perkalian skalar). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design, tipe Posttest Only Control Design. Dengan populasi siswa kelas XI IIS MAN 9 Kepuhdoko Jombang, dimana sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS-3 sebagai kelas eskperimen dan kelas XI IIS-2 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan lembar tes untuk memperoleh data dan analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation jauh lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, yaitu 84,42 untuk kelas eksperimen dan 68,61 untuk kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di MAN 9 Kepuhdoko Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019.

 Kata kunci: : group investigation, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Rozak, Abd dan Wiwin Sri Hidayati. 2014. Pengelolahan Data Dengan SPSS. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Sudjana, Nana Dan Ibrahim. 2010.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar .Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta (www.jurnal.uai.ac.id) diunduh 24 Desember 2017




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i2.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/