PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII4 SMP NEGERI 8 PEKANBARU

Desi Irawati, Nahor Murani Hutapea, . Maimunah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara hasil belajar yang diharapkan dengan hasil belajar yang dicapai peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 8 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan satu penilaian harian, serta siklus II terdiri dari dua pertemuan dan satu penilaian harian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 8 Pekanbaru semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 40 orang, terdiri dari 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki dengan kemampuan yang heterogen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Lembar pengamatan dianalisis secara kualitatif deskriptif, dan tes hasil belajar secara kuantitatif statistik. Hasil  data aktivitas guru dan peserta didik, terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran setelah diterapkan model Problem Based Learning. 60% Peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, 27,5% peserta didik mengajukan pertanyaan terkait proses pembelajaran, 80% keaktifan peserta didik dalam kelompok, dan 35% peserta didik berani dalam menunjukkan kemampuan. Data yang diperoleh dari tes hasil belajar matematika peserta didik menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang mencapai KKM aspek pengetahuan dari skor dasar ke penilaian harian I dan dari penilaian harian I ke penilaian harian II masing-masing meningkat, yaitu dari 32,5% menjadi 52,5% kemudian 72,5%. Jumlah peserta yang mencapai KKM aspek keterampilan dari ulangan harian I ke ulangan harian II mengalami peningkatan, yaitu dari 57,5% menjadi 70%. Dari analisis data tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik yang mencapai KKM di kelas VIII4 SMP Negeri 8 Pekanbaru.

Kata kunci: : Hasil Belajar Matematika, Model Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana: Jakarta.

Anjastin, Melati Agmiika. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPIT Future Islamic School Pekanbaru. JOM FKIP. 5(6) 1-14. 20464-39635-1-SM. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/20464/19795

Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Elvia Khairani. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kampar Timur. JOM FKIP. 5(6) 1-12. 20370-39449-1-SM. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/20370/19702

Erna Novianti, Putri Yuanita, Maimunah .2020. Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JELMar. 1(1).65-73

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta

Febrina Ramadhani. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maematika Peserta Didik Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Dumai. JOM FKIP. 6 (6) 1-12. 22879-44374-1-SM. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/22879/22146.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.

Samsinar. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siompu Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 3(2): 93. FKIP Universitas Halu Oleo: Kendari.

Wati, Irma. 2017. Pentingnya Media dan Model Pembelajaran dalam Proses Mengajar. https://metrojambi.com/read/2017/10/27/26042/pentingnya-media-dan-model-pembelajaran-dalam-proses-mengajar (diakses 5 April 2019).




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i2.1488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/