PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII.G SMPN 1 SIAK HULU

R Ardilla Srimarini, . Maimunah, Syarifah Nur Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik Kelas VII.G SMPN 1 Siak Hulu tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persentase jumlah peserta didik yang mencapai KKM adalah 28,12% yaitu 9 orang dari 32 peserta didik, terlihat bahwa 71,88% peserta didik Kelas VII.G SMPN 1 Siak Hulu yang di bawah KKM. KKM yang ditetapkan sekolah untuk materi aritmatika sosial adalah 70. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, RPP dan LKPD. Instrumen pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan dianalisis dengan deskriptif kualitatif sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif, menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus II telah terjadi perbaikan dari pelaksanaan siklus I. Kelemahan pada siklus I diperbaiki pada pelaksanaan siklus II sesuai dengan rencana perbaikan setelah refleksi siklus I. Jumlah peserta didik yang mencapai KKM meningkat dari skor dasar sampai UH II. Jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada skor dasar, UH I dan UH II berturut-turut adalah 9 orang (28,12%), 14 orang (43,75 %) dan 24 orang (75%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik  kelas VII.GSMP Negeri 1 Siak Hulu pada semester genap tahun ajaran 2018/2019..

Kata kunci: : Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Permendikbud No.22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses. Kemendikbud. Jakarta

Permendikbud No.23 Tahun 2016. Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta

Permendikbud No.58 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah. Kemendikbud. Jakarta.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (berparadigma eksploratif dan investigative). Leuser. Jakarta.

Slavin. 2010. Cooperative Learning: Teori, RisetdanPraktik. Nusa Media. Bandung

Suharsimi Arikunto. 2012, Rrosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/