PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Indah Elnafisa Hakim, Titi Solfitri, Susda Heleni

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan dengan tingkat kemampuan heterogen. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali penilaian harian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS), sedangkan instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis data aktivitas guru dan siswa, terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran setelah menerapkan model Discovery Learning. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa, presentase jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kompetensi pengetahuan mengalami peningkatan yakni dari skor dasar sebesar 25,81% (8 siswa) meningkat menjadi 64,52% (20 siswa) pada penilaian harian I kemudian meningkat menjadi 87,10% (27 siswa) pada penilaian harian II. Peningkatan presentase jumlah siswa yang mencapai KKM juga terlihat pada kompetensi keterampilan yakni dari skor dasar sebesar 25,81% (8 siswa) meningkat menjadi 51,61% (16 siswa) pada penilaian harian I kemudian meningkat menjadi 67,74% (21 siswa) pada penilaian harian II. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2019/2020

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. BSNP. Jakarta

_________. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta

Jamil Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi.

Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.

Kemendikbud. 2017. Buku Guru Matematika Kelas VII SMP/MTS. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta.

M Anwar Rivai. 2017. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Nana Sudjana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung

M. Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor

Suharsimi Arikunto. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/