PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU

Gusti Wirda Risma, Sehatta Saragih, . Armis

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Al Fityah Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 28 orang yang berjenis kelamin laki-laki. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan (PTK) dengan 2 siklus. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar pengamatan yang digunakan untuk mendapatkan data aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran dan tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif. Dari analisis data aktivitas guru dan peserta didik setelah menerapkan model TPS, aktivitas guru dan peserta didik telah terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Berdasarkan analisis data hasil belajar peserta didik, terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketercapaian KKM, jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada UH 1 berjumlah 12 orang dengan persentase 42,85 % dan UH 2 berjumlah 17 orang dengan persentase 60,71%. Selain itu, dari analisis distribusi frekuensi, dapat dilihat ketercapaian peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas VIIIA SMP IT Al Fityah Pekanbaru

Kata kunci: : Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif  Tipe Think Pair Square (TPS), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2016. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta : Kemendikbud.

Dedipknas. 2006 .Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentangStandar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasardan Menengah. Jakarta : Depdipknas.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/