PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Wiwik Julia Fitri, . Kartini, . Armis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS).  Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (definisi), design (rancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development. Berdasarkan hasil analisis data validasi diperoleh rata-rata penilaian untuk silabus, RPP, dan LAS adalah 3,65, 3,63, dan 3,74 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa terhadap LAS diperoleh persentase rata-rata 81,87% pada ujicoba terbatas dengan kategori praktis dan 86,18% pada ujicoba lapangan dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa silabus, RPP dan LAS yang dikembangkan berbasis problem based learning pada materi aritmetika sosial  telah memenuhi kriteria valid dan praktis.. 

Kata kunci: : Perangkat Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning,  Penelitian Pengembangan

 


Full Text:

PDF

References


Alfe Rio Ignatius Simarmata,. Sehatta Saragih,. dan Kartini. 2018. Pengembangan RPP dan LKS Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP/MTs. 5(1): 1-11. Jurnal Online Mahasiswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Pekanbaru.

Armis., Suhermi., and Susda Heleni. 2017. The Development of Mathematics Learning Devices by Using Problem Based Learning for Junior High School Students of Class VII Semester 1 in Coastal Areas. Applied Science and Technology. 1(1): 1-11.

Astuti dan Nurhidayah Sari. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 13-24. Universitras Pahlawan Tuanku Tambusai. Kampar.

Dhea Dwi Jayantis., Maimunah., dan Kartini. (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMP/MTs. 5(2): 1-13. Jurnal Online Mahasiswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Pekanbaru.

Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Faridah. 2018. Meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik berkelanjutan di SMP Negeri 2 Sabang. JEPS (Jurnal Ekonomi, Pendidikan, dan Sains). 2(2): 94-100. Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Lestari Jaya. Sabang.

Indah Fitriani,. Armis., dan Sehatta Saragih. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based learning pada Materi Himpunan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. 4(1): 1-9. Jurnal Online Mahasiswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidian Universitas Riau. Pekanbaru.

Musni Yuliastuti. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika sosial pada Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Saintifik. Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang. Malang.

Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Siti Nurhidayati., Thamrin Tayeb., dan Baharuddin. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTsN Model Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(2): 236-250. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, dan kontekstual. Kencana Prena Media Group. Jakarta.

Tsamaniariaty Hidayah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Probabilitas Mata Kuliah Statistik pada Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 4(2): 197-208. AMIK Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung. Lampung




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/