PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Muhammad Lutfi Muzaqi, Ririn Febriyanti

Abstract


Ciri penting dari model pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) adalah siswa belajar lebih aktif memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan diri sendiri, memecahkan masalah sendiri dengan menemukan dan bekerja sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Belajar Tuntas  (Mastery Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Miftahul Ulum Jarakkulon Jogoroto Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen design dengan desain post-test only control group design. Populasinya adalah kelas VIII siswa MTs Miftahul Ulum Jarakkulon Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, sampel yang pertama siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa  yang kedua siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar matematika berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t didapatkan nilai  = 2,552 dan taraf signifikasi 5% maka nilai = 2,392 sehingga nilai , maka  ditolak dan  diterima dan nilai Sig.(2 tail)  = 0,013 dengan taraf signifikasi α = 5% atau taraf kepercayaan 95%,  sehingga Sig. ≤ α, maka  ditolak dan  diterima. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa MTs Miftahul Ulum Jarakkulon Jogoroto Jombang sehingga ada pengaruh dengan dan tanpa diberikan Model Pembelajaran Mastery Learning.

Kata kunci: Model pembelajaran Belajar Tuntas, Mastery Learning, Hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2012. Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Adilla, Deka. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs-Ti Batu Belah. Jurnal Skripsi Matematika. Tersedia: http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/edukama/article/view/327/338, (1 April 2018).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Bambang dan Lina. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bustami, dkk. 2016. Pengembangan Pendekatan Belajar tuntas (Mastery Learning) Dengan Pola Kelompok Remidial Untuk Meningkatkan Ketuntasan dan motivasi Belajar Fisika Pada Siswa SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal SkripsiMatematika,Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/download/7563/6218 (27 Januari 2018)

Cahya, Antonius. 2006. Pemahaman Dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Jakarta.

Fathurrohman, M. 2015. Model – Model Pembelajaran Inovatif alternative belajar yang menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghultom Kristina, Jaya Dwi Putra. Pengaruh Penerapan Model Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 10 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi Matematika Tersedia: http://googleweblight.com/i?u=http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/245&grqid=EdxDaSfj&s=1&hl=id-iD

(28 April 2018)

Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rozak, Abd. dan Wiwin Sri Hidayati. 2014. Pengolahan Data Statistika dengan SPSS. Jombang: Untuk Kalangan Sendiri.

Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Sardiman A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodologi PenelitianKuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zein, Mas’ud. 2014. Mastery Learning : faktor – factor yang mempengaruhi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/