PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS KELAS X SMK/MAK

. Nurfauzi, . Kartini, . Maimunah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya perangkat pembelajaran matematika sebagai sarana penunjang pembelajaran pada Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis model pembelajaran kooperatif tipe think pair square materi aturan sinus dan cosinus kelas X SMK/MAK. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan biaya, waktu, dan tenaga. Berdasarkan hasil analisis data validasi, diperoleh rata-rata penilaian untuk silabus, RPP, dan LAS adalah 3,80, 3,66 dan 3,65 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa terhadap LAS diperoleh rata-rata nilai 3,50 pada uji coba kelompok kecil dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan hasil angket respon siswa terhadap LAS pada uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran kooperatif tipe think pair square materi aturan sinus dan cosinus kelas X SMK/MAK telah dinilai valid dan praktis.

 Kata kunci: : Perangkat Pembelajaran Matematika,  Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Think pair square, Penelitian Pengembangan, Model Pengembangan 4D


Full Text:

PDF

References


Anas Sudjiono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Dwi Astuti dan Heri Retnawati. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Konstruktivisme untuk Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 5, no.1: 11-21.

Edi Susanto, dan Heri Retnawati. 2016. “Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS siswa”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3, no. 2.

Elisa Alvionita, Abdurrahman dan Sari Herlina. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan Dan Deret untuk Siswa Kelas X SMK”. Jurnal Aksiomatik 7, no. 1.

Endang Widjajanti. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. (Online), http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569340/pengabdian/kualitas-lks.pdf (diakses pada tanggal 25 Juni 2020)

Hamzah B. Uno. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Made Wena. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayati. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Lingkaran Kelas VIII”. Jurnal Online Mahasiswa.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Titin Latifah, Syofni dan Titi Solfitri. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 1 Pekanbaru”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Wildaniah Nur Pakpahan, Atma Murni dan Zulkarnain. 2016. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (Tps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X MIA MAN 1 Pekanbaru”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zuhdan Kun Prasetyo. 2011. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP”, http://staffnew.uny.ac.id/upload/131453197/penelitian/laporan-penelitianpengembangan-perangkat-pembelajaran-sains-terpadu-untuk-meningkatkan-kognitif-kete.pdf, diakses pada tanggal 25 Juni 2020

Zulkarnain, dan Susda. 2014. Strategi pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Cendika Insani




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/