PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MIDANUTTA’LIM JOGOROTO JOMBANG

Septian Putra Irianto, Umi Noer Qomariyah

Abstract


Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa dan untuk mengentahui respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain True Eksperiment Design  bentuk  posttest – only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D menjadi kelas kontrol. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa lembar tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa setalah pembelajaran Problem Based Learning. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji independent sample test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig sebesar 0,004. Hal ini berarti nilai probabilitas sig , maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Midanutta’lim Jogoroto Jombang. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa dari 21 siswa yang mengisi angket, rata-rata persentase respon siswa terhadap semua aspek berada diatas 80%. Artinya setiap aspek direspon positif oleh siswa kelas VIII MTs Midanutta’lim Jogoroto Jombang.

Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika

 


Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan reatif dalam kelas. Jakarta : PT Prestasi Surabaya.

Gintings, A. 2010. Belajar dan Pembelajaran.

Munandar, S. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Shoimin, A. 2014.68 Model Pebelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Jaakarta : Grasindo




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/