PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA SISWA KELAS VI SDN GUNUNGGEDANGAN 1 KOTA MOJOKERTO

Dewi Rate Sholihatul Inayah

Abstract


Proses pembelajaran mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan tersebut dapat terlaksanakan dengan baik apabila siswa mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu tujuan pembelajaran adalah memperoleh hasil belajar. Hasil belajar dari tahap pra tindakan menunjukkan bahwa dari 40 siswa hanya ada 21 siswa yang mencapai KKM. Sehingga penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pada siswa kelas VI SDN Gununggedangan 1 Kota Mojokerto melalui permainan ular tangga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus Kemis dan Taggart. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Gununggedangan 1 Kota Mojokerto yang terdiri dari 40 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dan kedua dilaksanakan secara murni sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan. Hasil analisis tes pada tahap pratindakan, siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa persentase rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat. Pada tahap pratindakan persentase rata-rata hasil belajar siswa sebesar 57,5%, pada siklus I meningkat menjadi 70% dan kemudian pada siklus II menjadi 90%.

Kata kunci: : Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar, Perkalian


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Dan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fauza, S. (2012). Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas v di SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas v di SDN Sawojajar 1 Kota Malang/Saela Fauza.

Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hanifah, Nanang, dkk. (2009). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Halim, Abdul Fathoni. 2012. Matematika “Hakikat dan Logika”. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Ningsih, L. A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Koperasi melalui Media Ular Tangga pada Siswa Kelas IV SDN Binangun 01 Kabupaten Blitar. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

M. Husna, A. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ratnaningsih, N. (2014). Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro, Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi (Online) http://eprints. uny. ac. id/14296/1/skripsi_Nafiah%20Nurul% 20Ratnanigsih_0910824102, 5.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Soyomukti, N. 2008. Pendidikan Berspektif Globalisasi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sukmadinata, Syaodih N. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta: Erlangga

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/