SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK BRAIN STORMING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN FPB DAN KPK MELALUI METODE GUIDE DISCOVERY KELAS V SDN 1 BENELAN KIDUL BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2019-2020
Abstract
Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat terungkap bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Benelankidul masih tergolong rendah dan hasil tersebut masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Benelankiduil Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode penemuan terbimbing.serta ada tidaknya peningkatan kompetensi professional guru setelah dilakukan supervise akademik dengan teknik brain storming. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek dalam penelitian ini adalah guru serta seluruh siswa kelas IV SDN 1 Benelankidul yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalahtes.dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-ratasiswa pada siklus I yaitu 65,19 dengan prosentase ketuntasan 46,15%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 80,57dengan prosentase ketuntasan 88,46%. Terlihat dari siklus I yang dengan siklus II menunjukkan ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode penemuan terbimbing siswa kelas IV SDN 1 Benelankidul Kabupaten Banyuwangi . Kompetensi professional guru dalam Merancang Pembelajaran : Pra Perbaikan → 68.86 Siklus I → 75.6 Siklus II → 82.60 Kompetensi professional guru dalam melaksanakan Pembelajaran : Pra Perbaikan → 66.96 Siklus I → 71.20 Siklus II → 81.82. Secara konklusi bahwa supervise akademik dengan teknik brain storming dapat meningkatkan kompetensi professional guru.
Kata kunci : Supervisi akademik, BrainStorming, Guide DiscoveryFull Text:
PDFReferences
Amri, S dan Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Antik. 2006. Metode Penemuan Terbimbing. http://antik2006.wordpress.com /metode-penemuan-terbimbing/[ 15 Mei 2013].
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Rosa, F. 2009. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jombang: STKIP PGRI.
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran.. Bandung: ALFABETA.
Sudjana, N. 2009.Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Y, Trisno dan A, Pius.1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: ARKOLA.
Posted on 4 Maret 2011 by AKHMAD SUDRAJAT
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/