PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN DAN TANPA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA MTS

Fitri Nur Azizah, Ririn Febriyanti

Abstract


Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran index card match adalah suatu cara pembelajaran aktif  untuk meninjau ulang materi pelajaran dengan teknik mencari pasangan kartu indeks yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan dan proses pembelajaran akan terkonsep menjadi bermain sambil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dengan dan tanpa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match di kelas VII MTs. Roudlotun Nasyiin Beratkulon. Jenis pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan dari prosesnya menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan posttest-only control design  dimana adanya kelas eksperimen yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran index card match dan kelas kontrol yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan selain strategi pembelajaran index card match. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Roudlotun Nasyiin Beratkulon. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t (uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas) dengan program SPSS 20. Berdasarkan perhitungan uji t menggunakan SPSS 20 dengan  = 0,05 didapatkan hasil output nilai Sig. (2-tailed) sebesar (0,005) , maka tolak  dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika dengan dan tanpa penerapan strategi pembelajaran index card match di kelas VII MTs. Roudlotun Nasyiin Beratkulon Mojokerto.

Kata kunci: : : Hasil belajar matematika dan strategi pembelajaran Index Card Match


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono.2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

As`ari, A.R. dkk. 2017. Buku Guru Matematika Edisi Revisi. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fauzi, Umar. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Aqidah Akhlak Siswa kelas IV di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014. (online), 17-20 (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/130/) diunduh 20 November 2017

Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2003. KBBI. Jakarta: Balai Pustaka

Rozak, A dan Hidayati, W.S. 2013. Pengelolahan Data Statistia Dengan SPSS. Jombang: Untuk Kalangan Sendiri

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Silberman, Melvin L. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Penerjemah: Raisul Muttaqien. ed.rev. Bandung: Nuansa Cendekia.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wahyuningsih, Della. 2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia : STKIP PGRI Jombang.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/