UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Miftahul Balad, . Maimunah, Syarifah Nur Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang berjumlah 16 orang dengan tingkat kemampuan akademik heterogen yaitu digolongkan dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar serta perangkat pembelajaran berupa Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah dilengkapi dengan Lembar Aktivitas Siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan tes hasil belajar dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data kualitatif disimpulkan bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran setelah penerapan model Problem Based Learning. Pada analisis data kuantitatif, persentase siswa yang mencapai KKM kompetensi pengetahuan pada skor dasar yaitu 31,25% (5 siswa), meningkat menjadi 43,75% (7 siswa) pada siklus pertama dan meningkat menjadi 62,5% (10 siswa) pada siklus kedua. Pada kompetensi keterampilan, persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu 43,75% (7 siswa) meningkat menjadi 81,5% (13 siswa) pada siklus kedua. Berdasarkan analisis penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020

Kata kunci: : Hasil Belajar Matematika, Model Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


Dianna Sulistyani, Yenita Roza, Maimunah. 2020. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12. DOI: 10.36709/jpm.v11i1.9638. http:// ojs. uho. ac.id /index.php/JPM/article/view/9638.

Hitipeuw, Imanuel. 2009. Belajar & Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang.

Ibrahim, M. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. University Press. Surabaya.

Kartini, Iin. 2016. Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK. Tesis Pendidikan Matematika UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/ id/eprint/1194 (diakses Agustus 2019).

Nurjanah, Ike. 2017. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau.

Permendikbud, 2016. No. 21 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Permendikbud, 2016. No. 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Permendikbud, 2016. No. 23 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu : Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru EDISI KEDUA. PT. Raja Grafindo Indonesia. Jakarta

Sugesty, Anggi. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X.I Farmasi SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia di Pekanbaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Kharisma Putra Utama. Jakarta.

Tim Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Kemendikbud. Jakarta.

Uno, Hamzah B. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/