ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BERDASARKAN GENDER PADAPESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB TUNAS HARAPAN III

Sherly Margaretha Shinta Devy, Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Kemampuan adalah kesanggupan dari seseorang atau potensi yang dimiliki seorang individu dalam menguasai suatu keahlian dan digunakan untuk mengerjakan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal operasi hitung penjumlahan yang dilakukan oleh peserta didik tunagrahita ringan berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik dari tunagrahita ringan di SLB Tunas Harapan III. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Instrument utama adalah peneliti sedangkan instrument pendukung adalah lembar tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian yang digunakan adalah triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada subjek laki-laki dan subjek perempuan dalam menyelesaikan soal tes operasi hitung penjumlahan. Dimana subjek laki-laki mampu mengenal operasi hitung penjumlahan dalam menyelesaikan soal tes yang diberikan peneliti, sedangkan subjek perempuan kurang mampu mengenal operasi hitung penjumlahan karena dalam menyelesaikan soal tes terdapat kesalahan untuk mengoperasikan operasi hitung penjumlahan

 

Kata kunci: : Kemampuan, Gender, Tunagrahita Ringan,Operasi Hitung Penjumlahan

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, N. (2012). Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya . Jurnal Ilmu Pendidikan. Yogjakarta: Javalitera

Delphie, B. (2011). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: PT Refika Aditama

Putri, C., S. (2014). Pengaruh Implementasi Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, (Online), 6 (6): 1-4, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diunduh 08 juli 2020.

Riyadi. (2013). Proses Berfikir Siswa Tungrahita Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender.Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, (Online), 2 (2): 157-166, (http://journal.ikippgriptk.ac.id), diunduh 08 juli 2020.

Rochyadi, E. (2005). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dengan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Tungrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, (Online), 1 (2), 213-225, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupek hu), diunduh 25 Desember 2019

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Pasal 32 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.2013. Jakarta, Indonesia: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/